Nutrisi Penting Untuk Anak

Tumbuh kembang anak merupakan salah satu proses yang harus diperhatikan dengan seksama oleh para orang tua. Masa perkembangan anak sering disebut sebagai masa emas, karena memang masa ini merupakan fase yang amat penting bagi anak.

Kemampuan untuk menyerap informasi dalam tumbuh kembang anak bisa mencapai 100%. Anak menggunakan otaknya secara optimal. Oleh sebab itu, penting bagi anak untuk mendapatkan nutrisi dan asupan gizi yang baik agar pertumbuhannya berjalan optimal.

Nutrisi Penting
Bayi memerlukan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak hewani maupun nabati di dalamnya. Makanan utama untuk anak usia 0-4 bulan adalah ASI ataupun susu formula. Kebutuhan akan zat gizi semakin meningkat ketika usia anak dan juga berat badannya bertambah. Oleh sebab itu, anak tidak hanya membutuhkan ASI atau susu formula, tapi juga ketiga kandungan makanan yang sudah disebutkan di atas.

Untuk membantu proses tumbuh kembang, berikan juga mereka vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari makanan dan obat-obatan. Vitamin ini juga berfungsi untuk menyediakan energi bagi pertumbuhan anak, selain itu juga untuk membantu proses metabolisme karbohidrat, protein, dan juga lemak.
Peran orang tua sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan setiap anak. Orang tua harus dapat memerhatikan dan menjaga kebutuhan gizi dan nutrisi anak-anaknya, agar anak memiliki sistem imun yang baik dan tidak mudah diserang oleh penyakit. Perkembangan otak anak juga dapat terangsang dengan asupan nutrisi tertentu. Bantulah anak untuk mengoptimalkan fungsi otak mereka dengan cara memberikannya makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

0 comments:

Posting Komentar