Resep Capcay Kuah Seafood

Capcay memiliki ciri khas campuran beraneka ragam sayur dalam satu hidangan. Sehingga bisa di katakana capcay merupakan alternative makanan sehat yang layak untuk di coba. Berasal dari dataran Cina, capcay tidak hanya terdiri dari sayuran semata namun juga dengan tambahan seafood untuk cita rasa yang lebih sempurna. Jika anda tertarik, berikut kami sajikan cara membuat capcay kuah seafood yang spesial dan menggugah selera.
Bahan bahan capcay:
- 2 buah tomat ukuran sedang
- 100 gr sawi hijau
- 75 gr kembang kol
- 90 gr jagung muda atau putren segar
- 75 gr daun kol
- 1 buah wortel ukuran sedang
- 40 gr kapri hijau
- 4 batang daun bawang
- 100 gr udang segar
- 6 buah bakso ikan
- 100 gr cumi segar
- Kuah kaldu ikan kurang lebih 750 ml

Bumbu capcay:
- 2 sdt merica bubuk
- ¼ sdt garam halus
- 2 sdm saus tiram
- 1 buah jahe ukuran kurang lebih 3 cm
- 1 sdt gula pasir
- ½ bungkus royco penyedap serbaguna rasa ebi

Cara membuat capcay kuah seafood:
1. Siapkan seluruh bahan sayur yang akan digunakan sebagai sajian utama capcay. Bersihkan, lalu potong-potong seusai jenis sayur. Untuk tomat, potong kecil membentuk kotak atau dadu. Sedangkan wortel, jagung muda dan kapri di potok serong dengan ukuran yang tidak terlalu besar ataupun terlalu tipis. Gunakan hanya bagian kuntum kembang kol agar tampilannya menarik. Untuk udah, bersihkan dan hilangkan kulit cangkangnya sedangkan cumi dipotong kecil membentuk seperti cincin setelah dibersihkan.
2. Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga harum dan layu, lalu masukkan udang, cumi dan bakso ikan kemudian aduk hingga merata. Setelah warnanya berubah, tambahkan tomat lalu aduk kembali hingga merata.
3. Tuangkan air kaldu ikan untuk kuah capcay. Aduk hingga hampir mendidih, lalu masukkan semua bahan sayur yang sudah disiapkan sebelumnya. Tambahkan saus tiram, garam, gula, merica, dan tak lupa royco serbaguna rasa ebi. Aduk hingga mendidih.
4. Jika sudah matang, angkat sajikan.

Demikian cara membuat capcay kuah seafood yang spesial untuk anda.

0 comments:

Poskan Komentar