Berbagai Proses Yang Terjadi Dalam Reliability Centered Maintenance

Reliability Centered Maintenance (RCM) merupakan suatu proses yang berhubungan dengan pemeliharaan aset dan peralatan perusahaan agar bisa mendapatkan operasional aset yang baik tanpa harus menguras biaya.  Dalam sebuah industri dan bisnis yang terus berkembang, RCM ini harus dilakukan untuk mendapatkan sebuah aset yang baik dan berjalan dengan semestinya. Lalu apa sajakah proses dan langkah yang dilakukan dalam Reliability Centered Maintenance ini, simak ulasannya di bawah ini.

Sebelum melakukan Reliability Centered Maintenance biasanya akan terlontar beberapa pertanyaan yang akan menunjang dalam proses RCM ini, beberapa pertanyaan tersebut seperti
a. Apakah semua komponen berfungsi dengan baik dalam pengoperasiannya?,
b. Jika ditemukan kegagalan fungsi maka akan mengemuka pertanyaan bagaimana fungsi tersebut bisa gagal dari pengoperasiannya.
c. Alasan terhadap masing-masing kegagalan terhadap fungsi tersebut
d. Pengaruh dari kegagalan masing-masing fungsi
e. Mencari tahu penyebab kegagalan
f. Melakukan analisis terkait berbagai langkah yang perlu untuk dilakukan untuk mencegah dan memprediksi kegagalan tersebut

Setelah semua analisis dan pertanyaan terjawab maka kemudian hal yang perlu dilakukan adalah
a. Identifikasi
Hal ini merupakan langkah awal dari tahapan perawatan peralatan di RCM yang berfungsi untuk identifikasi peralatan yang penting untuk di maintenance.
b. Menentukan penyebab kegagalan
Dalam langkah ini maka dicari penyebab kegagalan dan menentukan komponen kritis yang harus diganti atau diperbaiki. Untuk menjalani langkah ini maka diperlukan sebuah data yang lengkap dan akurat agar   penyebab kegagalan bisa terdeteksi dengan baik.
c. Mengembangkan analisis FT (Fault Tree Analysis)
d. Mengklasifikasikan berdasarkan kriteria mana yang paling membutuhkan maintenance
e. Mengimplementasikan keputusan berdasarkan kesimpulan yang didapat dari RCM
f. Evaluasi

Ini merupakan tahap dimana semua aset yang telah di maintenance di jalankan/dioperasikan. Lalu kemudian data dipantau secara realtime di cek. Di cari tahu apakah ada proses RCM yang perlu diperbaiki atau dievaluasi yang dilakukan setiap saat agar bisa meningkatkan proses Reliability Centered Maintenance hingga mencapai pada tahap yang sempurna.
Itulah beberapa langkah yang biasanya ada dalam Reliability Centered Maintenance, semua langkah diperlukan untuk mendapatkan aset yang baik.

0 comments:

Poskan Komentar