Mengenal Ciri-Ciri Lingkungan Bersih

Topik mengenai lingkungan yang bersih memang menjadi topik yang menarik untuk dibahas karena saat ini cukup sulit tinggal di lingkungan yang bersih. Meledaknya pertumbuhan penduduk yang tidak dibarengi dengan penataan tata ruang yang baik menyebabkan banyak masyarakat kita yang tinggal di lingkungan yang kumuh dan tidak sehat. Kondisi tersebut tentu membawa dampak negatif mulai dari segi psikis hingga kesehatan. Dari segi psikis orang yang tinggal di lingkungan yang kumuh dan tidak sehat memiliki resiko stres yang tinggi dibandingkan mereka yang tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat. Dipandang dari segi kesehatan juga orang yang tinggal di lingkungan yang bersih lebih terjamin kesehatannya dibanding yang tinggal di lingkungan yang kotor. Berikut ini kami berikan informasi terkait mengenai ciri-ciri lingkungan bersih kepada anda.

Cii-ciri yang paling mudah terlihat adalah tersedianya tempat sampah yang memadai. Dengan fasilitas tempat sampah yang memadai maka masyarakat dari lingkungan tersebut dapat mengolah dan menangani sampah rumah tangga mereka dengan baik dan tidak asal membuang sampah rumah tangga tersebut sembarangan. Dalam mengolah sampah ini mulailah membedakan mana sampah yang organik dan non organik sebab sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos. Bahkan saat ini anda bisa menemukan tempat sampah di tempat-tempat umum dan hal ini menunjukkan bahwa pemerintah juga berperan aktif dalam mengarahkan masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan.

Selanjutnya untuk ciri-ciri lingkungan bersih yang kedua adalah suasana lingkungan yang asri dan bersih karena tidak adanya sampah yang berserakan. Untuk ciri-ciri yang ketiga yaitu sanitasi yang cukup baik dan memadai. Biasanya pada pemukiman yang kumuh untuk sanitasinya kurang begitu memadai bahkan tidak sedikit rumah yang tidak memiliki kamar mandi di dalam dan tempat untuk mencuci. Sebagai gantinya mereka mengandalkan air sungai baik untuk mandi dan mencuci. Kemudian ciri-ciri yang terakhir adalah saluran pengairan yang baik dan adanya lahan terbuka seperti taman yang berguna untuk menyerap air disaat hujan.

0 comments:

Poskan Komentar