Pembersih Saluran Pembuangan Air Rumah Tangga

Kebersihan lingkungan memang sudah menjadi tanggung jawab kita bersama karena jika bukan kita siapa lagi yang akan melakukannya. Kebersihan lingkungan ini menjadi suatu permasalahan yang sensitif karena setiap waktu pasti dibicarakan dan terkadang belum menemui titik terang mengenai cara yang tepat untuk dapat menanggulangi masalah kebersihan lingkungan. Salah satu masalah kebersihan lingkungan ini adalah air limbah. Mungkin anda sering mendengar kata limbah ini. Limbah merupakan hasil samping yang tidak dibutuhkan lagi atau tidak mempunyai daya manfaat lagi sehingga harus dibuang. Namun, jika dibuang secara sembarangan maka keberadaan limbah tersebut akan mencemari lingkungan sehingga diperlukan suatu metode pembersih yang tepat agar air limbah tersebut dapat diatasi secara optimal.

Perlu anda ketahui bahwa jika air limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga dibuang ke saluran air secara terus-menerus maka dapat merusak ekosistem lingkungan yang ada di sekitarnya. Ekosistem yang ada di sungai adalah salah satu tempat yang paling rawan tercemar akan adanya air limbah ini. Limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga biasanya berupa air bekas keperluan MCK, air bekas mengolah makanan dan masih banyak lainnya. Limbah tersebut memang tidak akan merusak lingkungan dalam jangka waktu dekat namun jika dibiarkan secara terus-menerus maka lingkungan akan menjadi rusak. Untuk dapat menanggulangi masalah tersebut maka anda dapat membuat saringan sederhana pada saluran pembuangan air yang terhubung dengan sungai atau selokan tempat biasanya anda membuang air limbah rumah tangga.

Saringan sederhana ini terbilang cukup efektif dan sangat murah untuk dibuat sehingga jika anda memiliki niat yang besar untuk dapat memperbaiki lingkungan sekitar anda maka anda dapat membuat saringan ini. Untuk membuat saringan ini maka dibutuhkan beberapa bahan seperti batu kali, ijuk, pasir halus, arang tempurung kelapa dan kerikil. Pertama-tama anda membuat tempat penampung air limbah yang diisi dengan batu kali. Tempat penampung ini akan menampung langsung air limbah yang dikeluarkan dari rumah anda. Kotoran akan mengendap selama melewati tempat penampung ini. Selanjutnya, air limbah akan masuk ke penampung kedua yang berisi susunan ijuk, pasir halus, arang tempurung kelapa dan kerikil sehingga dihasilkanlah air limbah yang jernih dan tidak berbau. Dengan menggunakan bahan pembersih untuk rumah ini tentunya lingkungan sekitar anda tidak akan tercemar oleh air limbah sehingga masyarakat pun menjadi sehat.

0 comments:

Poskan Komentar