Cara Merubah Air Keruh Menjadi Air Bersih

Sebagaimana kita ketahui bahwa air merupakan sumber kehidupan, 90% tubuh kita terdiri dari air, 1-2% saja tubuh kita kekurangan air, maka akan terjadi dehidrasi, dan muncul rasa haus. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan air bersih terutama di daerah perkotaan, membuat warga dan perusahaan penyedia air semakin giat mengeksploitasi sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan. Tingginya tingkat pencemaran di berbagai daerah khususnya perkotaan mengakibatkan kerusakan lingkungan, dan akan berakibat pada kebersihan air yang tidak terjamin. Di daerah perkotaan ketersedian air bersih bisa dikatakan terbatas dan boleh jadi kurang, ditambah dengan tercemarnya lingkungan mengakibatkan air tanah menjadi keruh dan kotor, padahal sarat air bisa dikonsumsi adalah berwarna bening, tidak berbau, dan tidak berasa.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh individu maupun oleh sekelompok orang. Bisa dengan menggunakan alat canggih dan mahal, tetapi ada juga yang hanya menggunakan alat dan perlengkapan sederhana yang sebagian besar alatnya bisa didapatkan disekitar kita. Inti dari merubah air kotor menjadi air bersih sebenarnya adalah proses penyaringan, dengan memisahkan unsur-unsur atau zat zat yang tidak semestinya berada dalam air, seperti timbal, bakteri dan lain lain. Ada cara yang bisa anda gunakan diantaranya: Pertama, saringan menggunakan kain katun. Cara ini merupakan cara termudah yang bisa semua orang lakukan, caranya simpel, cukup dengan menyaring air katun menggunakan kain katun. Kain ini bisa menyaring bakteri dan mikroorganisme lain yang merugikan tubuh.

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk menyaring air menggunakan kapas, cara ini mempunyai hasil yang lebih biak dari teknik sebelumnya. Caranya, terlebih dahulu anda menampung air pada sebuah ember yang bagian bawahnya dibuat bolong untuk dialirkan kembali ke penampungan lain, taruh beberapa helai secara berlapis pada ember pertama, lalu alirkan air hasil saringan tadi ke penampungan lain. Cara ini memiliki fungsi sama untuk menyaring kotoran dan bakteri yang terdapat pada air. Demikianlah pembahasan mengenai cara merubah air kotor menjadi air bersih.

0 comments:

Posting Komentar