Kenapa Harus Mencuci Tangan

Tahukah Anda bahwa pada setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia? Peringatan ini ditetapkan oleh Badan Dunia PBB, karena dipandang bahwa aktifitas cuci tangan pakai adalah sebuah aktifitas yang sederhana namun sangat penting untuk diperhatikan oleh siapa saja. Tentu saja bukan hanya sekedar mencuci tangan memakai air, tapi cuci tangan steril dengan menggunakan sabun.

Mencuci tangan memakai sabun menjadi begitu penting, karena aktifitas ini adalah upaya pertama dan paling mendasar untuk mencegah serangan penyakit diare, yang pada umumnya disebabkan oleh tangan kotor saat memegang makanan yang hendak dimakan. Sementara penyakit diare sendiri dinilai sebagai penyakit yang serius, karena menurut penelitian yang dilakukan WHO di Negara-negara berkembang, penyakit diare adalah penyebab kedua kematian pada Balita, sedang pada bayi menjadi penyebab kematian ketiga, sementara pada orang dewasa di urutan kelima.

Cuci tangan steril juga wajib dilakukan karena penyakit infeksi menyerang tubuh manusia melalui 2 jalan, yakni: melalui hidung serta tangan. Dengan membiasakan diri mencuci tangan sampai bersih, setidaknya kita telah memutus mata rantai penyakit infeksi yang akan masuk ke tubuh melalui tangan.

Manfaat lain dari mencuci tangan adalah mencegah setidaknya 10 masalah kesehatan yang disebabkan oleh kuman, diantaranya adalah: typus, disentri, iritasi kulit, jerawat, mata merah, biang keringat, bau badan, masalah saluran pernapasan, serta radang tenggorokan.

 Besarnya manfaat mencuci tangan memakai sabun ini rupanya masih belum disadari banyak orang, utamanya masyarakat di Negara-negara berkembang seperti Indonesia, sehingga masih banyak yang mengabaikan aktifitas ini. Salah satu contoh, pada tradisi masyarakat Jawa dikenal istilah kobokan, yakni wadah air yang dipakai untuk mencuci tangan secara bersama-sama pada saat akan makan-makan bersama.

Kebiasaan tersebut sudah pasti tidak sehat, karena mencuci tangan hanya dengan menggunakan air saja masih belum cukup, apalagi hanya menggunakan air pada wadah kecil untuk dipakai mencuci tangan secara bersama-sama.

Mencuci tangan yang paling efektif adalah menggunakan sabun serta membilasnya dengan air sampai bersih. Sebab dengan sabun, risiko terserang penyakit diare dapat diturunkan sampai dengan 47%. Namun demikian tidak semua sabun memiliki daya kerja yang sama. Untuk jenis sabun cuci tangan steril yang paling baik adalah Sabun pencuci tangan Lifebuoy total10. Produk ini sangat efektif untuk membersihkan tangan karena mengandung timol aktif, yakni bahan yang diambil dari alam yang dulu banyak dipakai oleh bangsa Yunani kuno untuk menyembuhkan penyakit infeksi.

0 comments:

Posting Komentar