Berbagai manfaat dan Kandungan Dalam Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C dan antioksidan banyak terdapat di salah satu jenis buah jeruk ini. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis lebih banyak dibanding dengan kandungan di buah jeruk yang lain. Zat besi, fosfor dan juga kandungan yang lain juga terkandung di dalam jeruk nipis. Khasiat jeruk nipis salah satunya yaitu dapat membantu proses ketika lambung mengosongkan isinya. Jeruk mengandung polisakarida non pati yang biasa disebut dengan serat makanan, sehingga jeruk nipis dapat mempertahankan rasa kenyang. Kadar kolesterol dalam darah juga akan turun bila mengkonsumsi jeruk nipis.

Jeruk nipis bersifat membunuh bakteri karena mengandung sulfur atau belerang. Di dalam tubuh, astringent yang merupakan salah satu sifat jeruk nipis akan mengecilkan pori-pori di dalam usus.  Tidak hanya itu saja, kandungan saponin pada jeruk nipis juga dapat membersihkan lipase atau empedu yang ada di dalam tubuh. Sama dengan khasiat jeruk nipis ketika mencuci piring, di dalam tubuh pun kandungan saponin akan membuat lemak menjadi kecil.

Manfaat jeruk nipis memiliki efek detoksifikasi atau membuang racun yang tidak diperlukan oleh tubuh dan dikeluarkan melalui saluran pencernaan. Zat pelarut juga merupakan manfaat jeruk nipis, yang berfungsi sebagai penyeimbang tekanan darah.

Cara mengkonsumsi:
- Ambil satu buah jeruk nipis dan belah serta peras jeruk nipis tersebut. Lalu ditambahkan dengan 200 cc air putih. Air yang digunakan adalah air hangat atau air dingin tergantung selera yang diinginkan. Tetapi penggunaan air dingin lebih dianjurkan karena membuat kandungan vitamin C tidak berkurang.

- Setelah diperas dan dicampur dengan air putih di dalam gelas, lebih baik langsung diminum karena kandungan vitamin C akan mudah teroksidasi atau menguap dengan cepat. Jika menguap tentu saja akan membuat kandungan vitamin C berkurang. Ambil hanya satu jeruk nipis dan dicampur dengan air putih jika belum terbiasa membuatnya. Tambahkan madu atau gula pada larutan tersebut untuk proses adaptasi.

- Jeruk nipis yang dicampur dengan air putih ini dikonsumsi setiap pagi hari, setengah jam sebelum makan. Jika sudah terbiasa, campuran ini bisa di minum sebanyak 2 kali sehari. Dalam waktu satu minggu, jika bisa beri jeda waktu agar antibodi dan rangsangan tubuh meningkat.

0 comments:

Poskan Komentar