Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Aman

Perawatan bayi memang memerlukan perhatian dan usaha ekstra, apalagi perawatan bayi yang baru lahir. Betapa tidak, bayi yang baru lahir masih harus melakukan adaptasi ekstra dengan lingkungannya, organ tubuhnya masih berkembang untuk dapat bertahan pada suhu yang sangat berbeda saat dia masih di dalam kandungan. Seringkali hal tersulit dalam perawatannya adalah saat kita perlu memandikan bayi baru lahir.

Beberapa ahli menyarankan untuk memandikan bayi saat udara tak terlalu dingin atau pada saat suhu ruangan hangat sekitar 24 derajat celcius. Karena bayi kehilangan lemak tubuh lebih cepat dari pada orang dewasa, kita perlu menjaga agar lemak tubuh ini tidak hilang. Untuk langkah aman memandikan bayi baru lahir sebaiknya anda mendapatkan clearance lebih dulu dari dokter. Bila belum diperbolehkan memandikan bayi baru lahir dengan merendam tubuh bayi sepenuhnya ke dalam air kita dapat memandikan bayi baru lahir dengan spons.

Pilihlah lap khusus yang bermaterial halus untuk digunakan membersihkan wajah dan tangan bayi. Siapkan air hangat dalam baskom terpisah. Anda juga bisa menggunakan sabun Zwitsal yang aman untuk kulit bayi untuk memandikan bayi baru lahir. Setelah anda melepas baju bayi,  baringkan bayi di atas alas anti air dan tutupilah tubuhnya dengan handuk agar tak kedinginan. Bersihkan wajah bayi dengan perlahan, kemudian bersihkan telinga bayi. Bila seluruh tubuh sudah dibersihkan, jangan lupa memberikan baby oil agar tubuh bayi tetap terasa hangat.

0 comments:

Posting Komentar