Ketahui Penyebab Gejala Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

Radang tenggorokan adalah suatu penyakit ringan yang cukup mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman. Penyakit radang tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi di tenggorokan (faring) hingga menyebabkan radang. 80% radang tenggorokan disebabkan oleh virus yang dapat menyebabkan menjadi demam dan 20% lainnya disebabkan oleh bakteri, alergi dan asap rokok. Gejala radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri dan virus dengan ciri-ciri tertentu seperti berikut ini:

Pertama, Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri. Infeksi yang disebabkan bakteri biasanya lebih parah jika dibanding dengan infeksi oleh virus. Orang yang terkena radang yang disebabkan oleh bakteri kemungkinan besar dia telah tertular 2-7 hari sebelumnya. jika infeksi ini disebabkan oleh bakteri streptokokus maka anda harus segera mengkonsultasikan ke dokter, karena jika tanpa penanganan medis, maka infeksi ini dapat menjalar ke katup jantung dan menjadi penyebab penyakit demam rhematik. Ciri-ciri dari infeksi oleh bakteri ini diantaranya sakit saat menelan, kelenjar leher membengkak, berwarna merah cerah di bagian tenggorokan dan terdapat bercak putih, demam dan suhu badan meningkat, seringkali disertai dengan menggigil.

Kedua, jika radang tenggorokan disebabkan oleh virus. Infeksi ini biasanya lebih ringan dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Hindari pemberian antibiotik karena akan menyebabkan resistensi atau pengebalan kuman terhadap antibiotik. Ciri-ciri infeksi yang disebabkan oleh virus diantaranya tenggorokan terasa pedih, gatal, dan kering. Batuk dan bersin yang menyebabkan suara menjadi serak, tidak disertai demam namun akan terasa sedikit demam dan terasa pegal di setiap persendian.

Untuk mencegah datangnya gejala radang tenggorokan, maka anda dapat memulainya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun lifebuoy yang ampuh membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Bagi anda yang sudah terkena radang tenggorokan, maka anda harus mulai menjauhi beberapa makanan dan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dapat membantu memulihkan daya tubuh anda. cara untuk membantu mengurangi radang tenggorokan ini diantaranya :
1. Hindari makanan yang mengandung protein dan kalori yang tinggi seperti susu, daging, telur ayam, dan ikan. Konsumsi buah-buahan dan makanan yang banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin B1 dan asam folat yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.
2. Perbanyak minum air putih hangat. Hindari konsumsi makanan dan minuman dingin.
3. Jauhi makanan yang berminyak, pedas dan asam yang dapat menyebabkan radang tenggorokan semakin parah.
4. Berkumur dengan air garam hangat untuk mengurangi pembengkakan, dan tetap menjalankan pola hidup sehat.

1 comments:

  1. Radang tenggorokan
    Sangat tak nyaman
    Setelah air putih ditelan
    Kumur air garam nafas kembali aman...

    BalasHapus