Mengenali Ciri-Ciri Diabetes Tahap Awal

Penyakit diabetes adalah satu jenis penyakit kronis yang harus segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius. Diabetes atau biasa yang orang sebut juga sebagai penyakit gula adalah jenis penyakit dimana kadar glukosa darah dalam tubuh konsentrasinya terlalu berlebihan. Tingginya kadar glukosa dalam tubuh salah satu faktornya dapat disebabkan akibat rendahnya hormon insulin yang diproduksi oleh organ pankreas. Terganggunya produksi hormon insulin yang berperan dalam mengontrol kestabilan gula darah dalam tubuh tersebut juga dapat disebabkan akibat penerapan pola hidup tidak sehat dimana asupan makanan yang dimakan kadar nutrisi serta gizinya tidak diperhatikan dengan baik terutama terhadap pengkonsumsian jenis makanan dengan tingkat kalori yang tinggi. Beratnya penyakit diabetes ini, diharapkan bagi semua orang untuk lebih aware terhadap ciri-ciri diabetes itu sendiri supaya lebih sigap bertindak ketika ciri-ciri penyakit kronis tersebut terindikasi pada tubuh.

Meskipun semua orang pastinya tidak menginginkan tubuhnya terserang penyakit yang terbilang dapat mengancam jiwa tersebut akan tetapi tidak ada salahnya jika kita mengetahui dari ciri-ciri diabetes melitus ini terutama pada fase/tahap awal perkembangannya. Selain untuk meningkatkan kewaspadaan supaya dapat menerapkan pola hidup yang lebih baik lagi pengetahuan akan gejala dini penyakit gula tersebut juga dapat membuat kita lebih dini pula dalam menanggulangi penyakit kronis ini agar dampak buruknya tidak sampai menyerang anggota tubuh yang lain.

Lalu seperti apakah ciri-ciri atau gejala awal dari penyakit diabetes tersebut? berikut informasinya :
1. Tubuh mudah merasa lelah ketika digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.
2. Berat badan mengalami penurunan secara tiba-tiba yang diakibatkan dari regulasi penggunaan glukosa dalam tubuh tidak normal.
3. Sering merasa haus tanpa sebab yang jelas. Rasa haus yang sering dirasakan tanpa sebab tersebut dikarenakan karena sering buang air secara terus menerus (poliura)sehingga tubuh banyak kehilangan air.
4. Kulit tampak menjadi lebih gelap dengan indikasi munculnya bintik-bintik hitam pada permukaan kulit. Hal tersebut disebabkan akibat hormon insulin yang direspon tubuh dimana hal ini dapat memproduksi banyak pigmen.
5. Daya penglihatan organ mata yang semakin menurun dan melemah.
6. Mudah merasakan lapar berlebihan atau dalam hal ini disebut juga dengan polifagia.
7. Lambatnya penyembuhan jika terjadi luka pada tubuh.
8. Kinerja fungsi saraf yang menurun dimana salah indikasi yang sering dirasakan adalah rasa sakit pada tungkai kaki.

0 comments:

Poskan Komentar