Tips Mencegah Kaos Kaki Bau Tak Sedap

Saat mencium bau tak sedap dari kaos kaki anda ketika sepatu telah dibuka, pastinya hal itu sangat membuat tidak nyaman. Kira-kira apa penyebab dari kaos kaki bau tersebut? Bau pada kaki dan kaos kaki ternyata disebabkan karena bakteri. Bakteri merupakan makhluk hidup bersel satu yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung, hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop. Karena bakteri merupakan makhluk hidup, jadi ia pun memerlukan makanan seperti manusia dan makhluk hidup lainnya. Makanan bakteri tersebut  berasal dari zat-zat organik yang terdapat di kaki atau kaos kaki, berupa keringat. Sementara itu keringat sebenarnya merupakan lemak, saat bakteri tersebut makan maka bakteri menghasilkan karbondioksida dan sulfur. Kedua zat inilah yang mengeluarkan bau tak sedap yang seringkali membuat tidak nyaman. Bagaimana caranya agar kaki dan kaos kaki tidak bau? Agar kaki tidak bau, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini:

Pertama, anda kita harus rajin membersihkan kaki dan kaos kaki. Cuci kaki dengan sabun setiap hari paling tidak 2 kali dalam sehari. Sikat bagian kuku kaki dengan sabun 2 kali dalam seminggu. Dan cuci kaos kaki setiap hari dengan deterjen Rinso yang ampuh menghilangkan  noda dan bau tak sedap. Maka dengan demikian kaki dan kaos kaki tidak akan mengeluarkan bau.

Kedua, tetap tenang. Hal ini harus dijaga karena stres dan cemas dapat meningkatkan produksi keringat. Jadi untuk menghindari produksi keringat berlebih di kaki anda dan menimbulkan kaos kaki bau maka anda harus mencoba mengurangi tingkat stress anda.

Ketiga, makan dengan bijak. Dalam hal ini anda harus menghindari aneka makanan yang memberkan aroma kuat seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang dan paprika, karena zat yang terdapat di dalamnya dapat melewati aliran darah dan akhirnya berkonsentrasi pada keringat anda.

Keempat, jangan gunakan sepatu yang sama. Cara ini dapat mengatasi bau pada kaki, sebaiknya anda tidak menggunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut. Hal ini dapat memberi waktu bagi sepatu untuk kembali kering dan tidak lembab dalam waktu 24 jam. Ketika menggunakan sandal, pilih sandal yang terbuka pada bagian depan saat cuaca panas.

0 comments:

Posting Komentar