Cara Membangun Konten dalam Blog

Semua pemilik blog paham bahwa konten adalah faktor amat penting dalam menarik pengunjung. Masalahnya, bagaimana cara membangun konten?
Kenapa konten itu penting? karena orang berselancar di dunia maya mencari informasi. Mencari konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Itu sebabnya mesin pencari adalah tempat yang paling banyak dikunjungi orang ketika mengarungi internet. Karena mereka mencari informasi lewat mesin pencari.
Jadi informasi itu adalah hal utama yang dicari orang ketika masuk ke dunia maya.
Untuk itu, perlu menyampaikan informasi menarik yang membuat pengunjung hadir dan betah di situs.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami ketika membangun konten. Sehingga konten yang dihasilkan disukai, dicintai oleh para pengunjung. Ujungnya, pengunjung balik kembali karena merasa puas dengan informasi yang diperoleh dari blog.

#1 Pahami Karakter Pengunjung
Dalam ilmu marketing modern, pelanggan atau customer adalah pusat dari strategi. Semua strategi harus dilahirkan dari pemahaman yang memadai mengenai perilaku pelanggan.
Tujuannya supaya produk atau jasa yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Inilah faktor utama dalam keberhasilan membuat artikel.
Semakin berbobot artikel anda, maka pembaca semakin puas, dan semakin banyak yang akan merekomendasikan artikel anda kepada orang lain.
Untuk membuat artikel berbobot yang bisa memuaskan pembaca anda harus melakukan riset.
Tujuan riset adalah:
- Memahami apa yang mereka cari. Topik yang sedang trend di target pasar yang dituju.
- Demografi pengunjung. Umur, lokasi, gender dan lain – lain. Dengan paham demografi, pembuatan konten bisa disesuaikan dengan latar belakang mereka. Menulis untuk ABG tentu berbeda dengan menulis untuk paruh baya.
Ini adalah contoh blog yang menulis sesuai dengan kebutuhan pengunjungnya. Pas dengan target market dan kebutuhan mereka.

#2 Pahami Kriteria Konten Baik
Menurut sejumlah riset, ada sejumlah pakem dalam menulis konten di dunia online.
· Buat judul yang menarik, eye-catching. Karena fokus orang adalah ketika melihat hasil di search engine adalah judul.
· Pembaca  tidak membaca tetapi melakukan scanning atau skimming. Melewati sebagian besar tulisan kita. Mengambil poin-poin pentingnya saja. Pola pembaca ini diberi nama F-shaped pattern karena seperti huruf F.
· Buat paragraf singkat dan padat, yang berisi terlalu banyak tulisan akan membuat mata lelah. Karena itu sebaiknya maksimal 3-4 baris, dengan panjang horizontal tidak lebih dari 20 kata.

#3 Ikuti Ketentuan SEO
Perlu dipahami bahwa mayoritas orang menggunakan mesin pencari dalam mencari informasi di internet. Oleh sebab itu, penting ketika menyajikan konten mengikuti kaidah SEO.
SEO adalah strategi optimisasi supaya konten muncul di halaman utama dalam mesin pencari. Misalnya, ada orang mencari dengan kata kunci yang sesuai dengan konten situs, maka dengan SEO hasil pencarian menempatkan konten situs Anda di halaman pertama.
Bisa nangkring di halaman pertama menjadi penting karena 80persen hanya membaca halaman pertama saja. Halaman selanjutnya tidak dibaca.

Apa yang perlu dipersiapkan dalan SEO:
- Menulis konten dengan kata kunci. Sertakan keyword di halaman website, tepatnya di konten, di judul, dan di URL. Dengan demikian, mesin pencari dan pengunjung akan langsung memahami apa isi dari halaman website anda.
- Meta description yang menjelaskan dan memancing klik. Meta description adalah 1-2 kalimat yang muncul dalam hasil pencarian.
- Membangun backlink dengan baik. Backlink yang berkualitas memberikan pengaruh yang jauh lebih kuat daripada yang tidak berkualitas. Apa yang menentukan kualitas backlink adalah Reputasi website, kesamaan niche, penempatan backlink dalam website dan lain-lain.

Ini adalah blog keuangan yang bisa jadi contoh menerapkan kaidah SEO dengan baik. Bisa dijadikan pijakan dalam membangun situs.

Kesimpulan
Konten adalah factor penting dalam membangun blog. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa Content is King!  Oleh sebab itu, penting memahami bagaimana membuat konten terbaik.

0 comments:

Posting Komentar