Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Memiliki anak bayi adalah hal menyenangkan bagi setiap orang tua. Memantau perkembangan bayi sudah pasti dilakukan untuk dapat melihat normal atau tidaknya si kecil. Setiap usia menunjukan perkembangan sendiri sehingga jangan terlalu memaksakan anak. Penting sekali bagi orang tua untuk mengetahui perkembangan bayi. Umumnya bayi mulai mengalami banyak perubahan ketika usianya menginjak 6 bulan.

Pada usia ini, berat badan anak bertambah hingga 1,5 kg dari usia sebelumnya dan seharusnya sudah dua kali lipat dari berat badannya ketika dilahirkan. Kemampuan motorik kasarnya juga menunjukan perubahan. Bayi sudah bisa duduk tanpa menopang tangan.  Ia dapat berpindah posisi dari yang semula telungkup menjadi berbaring tanpa bantuan dari orang tuanya.

Secara kemampuan motorik halus, bayi 6 bulan sudah mengerti kegunaan dari tangannya misalnya untuk memegang benda, memukul dan menggerak-gerakkan mainannya. Bayi paham bahwa jari-jari tangannya bisa dipakai untuk memungut benda yang lebih kecil. Kemampuan anak di usia ini sangat berbeda antara satu dengan lainnya sehingga jangan membandingkan kemampuan anak anda dengan anak lain. Karena ada anak yang aktif dan ada pula anak yang hanya senang mengamati atau melihat saja. Perkembangan bayi sangat bergantung dari individu anak sendiri.

Tahap ASI eksklusif sudah berhenti sampai usia ini dan anak sudah siap menerima makanan padat. Sebaiknya mulai memberi makanan pada yang mudah dicerna seperti buah-buahan yang lunak semacam pisang. Bisa juga dengan memberikan bubur susu yang beraneka rasa.  Hindari memberikan makanan yang menyebabkan alergi seperti susu sapi, coklat, kerang, udang dan kacang. Berikan jeda selama 3-4 hari setelah mengkonsumsi makanan baru untuk mengetahui apakah bayi alergi terhadap makanan tersebut atau tidak.

Bayi usia 6 bulan sudah mampu berkomunikasi meskipun tidak bermakna apa-apa. Ini adalah awal tahap bicara. Sebaiknya tanggapi celotehan anak meskipun anda sendiri juga tidak mengerti apa yang dimaksud olehnya.  Semua demi memperlancar komunikasi si kecil. Saat akan tidur, bacakan dongeng yang menyenangkan agar kemampuan komunikasinya semakin meningkat. Pada usia setengah tahun, tetap berikan perawatan yang maksimal untuk anak seperti menggunakan produk terpercaya. Gunakan rangkaian produk Zwitsal untuk hasil terbaik.

0 comments:

Posting Komentar