4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Demi Pola Hidup Sehat

Punya pola hidup sehat sangatlah penting jika Anda ingin badan tetap terjaga kebugarannya. Namun yang biasanya kurang ditekankan adalah kenyataan bahwa hidup dengan sehat bisa membuat kesehatan mental Anda juga lebih baik. Terbukti, mereka yang sehari-harinya menjalankan olahraga dan makan makanan sehat mempunyai mood yang lebih bagus dan konsentrasi yang lebih tinggi.

Hal ini bisa terjadi karena pola hidup yang sehat membuat kerja pikiran dan proses mental jadi lebih baik. Cara menjaga kesehatan mental bisa dilakukan dengan cara:
1. Tidur cukup
Pastikan bahwa Anda mendapatkan tidur nyenyak tanpa gangguan yang cukup, yaitu 8 jam sehari. Hal ini memberi otak kesempatan menyortir ulang memori dan kreativitas.
2. Sosialisasi
Bertemu dengan teman-teman dan keluarga, saling sharing atau sekedar berjalan-jalan akan membuat Anda lebih rileks, dan kesempatan mendapatkan perspektif hidup yang baru.
3. Curhat
Jangan remehkan fungsi dari kegiatan semacam ini terhadap kesehatan mental Anda. Mencurahkan isi hati mengizinkan Anda untuk mengeluarkan hal-hal yang terpendam, dan dalam prosesnya membuat Anda merasa beban berat bisa dikeluarkan.
4. Tantangan
Mencari tantangan baru akan memberikan Anda kesempatan untuk berkembang. Tidak hanya soal sifat saja, otak memang perlu sesuatu yang baru untuk menjaganya tetap tajam.

Apa saja kegunaan dari mental sehat ini terhadap Anda sendiri? Inilah yang akan Anda rasakan jika Anda berada dalam kondisi mental yang baik:
• Mood jadi lebih baik, sehingga Anda tidak mudah merasa jengkel dan marah.
• Anda juga tidak mudah menjadi stress.
• Menjadikan Anda lebih kreatif karena otak terus dirangsang.
• Anda mendapatkan banyak teman, lantaran kegiatan sosial dan curhat yang Anda lakukan membuat Anda terlihat lebih approachable.

Jadi, seperti sudah Anda lihat sendiri di atas. Pola hidup sehat tidak hanya urusan makan sehat dan olahraga, namun juga menjaga kesehatan jiwa. Keduanya saling terkait dengan erat, dan tanpa adanya keseimbangan antara keduanya, Anda tidak akan merasa bahagia. Jaga badan Anda, dan jangan lupa untuk jaga jiwa Anda pula.

0 comments:

Posting Komentar