Pengemudi Wanita Wajib Hindari Jenis Makanan Ini Saat Mengemudi

Mengemudikan mobil sembari makan tentu pernah dilakukan oleh sebagian besar orang. Hal ini memang tidak masalah selama tidak mengganggu konsentrasi. Sayangnya, masih banyak pengemudi yang lalai menjaga konsentrasi ketika berkendara, termasuk pengemudi wanita.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration Amerika Serikat menyatakan bahwa 65% pengemudi pernah nyaris kecelakaan karena makanan. Pada Oktober 2011, situs resmi lembaga lalu lintas Amerika Serikat tersebut merilis informasi tentang daftar makanan yang sebaiknya dihindari pengemudi.

Makanan dan Minuman yang Panas
Makanan dan minuman yang panas seperti sup, mie instan cup, kopi, dan teh tentu mudah tumpah jika dikonsumsi sembari mengemudi. Selain mengganggu konsentrasi, tumpahan makanan dan minuman panas juga akan mengotori mobil kesayangan.

Makanan yang Digoreng
Jenis makanan yang digoreng tentu membuat tangan jadi licin ketika mengemudi. Akibatnya, pengemudi wanita pun tak bisa mengendalikan setir dengan baik. Usahakan untuk meminimalkan konsumsi gorengan saat mengemudi agar tangan tetap leluasa mengendalikan setir dan melakukan manuver.

Hamburger
Mengonsumsi burger ketika santai saja sudah terasa merepotkan. Apalagi jika dilakukan sembari mengemudikan mobil. Isi burger dan sausnya bisa tumpah mengotori baju dan mengacaukan konsentrasi.

Minuman Ringan Bersoda
Minuman ringan bersoda memang segar. Namun tampaknya jenis minuman ini juga tak cocok bagi para wanita yang sedang mengemudi. Buih-buih soda minuman ringan mudah tumpah dan mengurangi konsentrasi. Di samping itu, minuman ini juga dapat menimbulkan rasa kembung yang mengganggu kesehatan ketika berkendara.

Donat
Sepotong donat empuk yang manis tentu menggiurkan. Tetapi selain repot untuk memegangnya, krim pada donat berisiko mengotori baju dan wajah. Ketika sibuk membersihkan tangan, wajah, dan baju, konsentrasi mengemudi pun menurun dan berisiko menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Makanan Pedas
Mengendalikan rasa pedas bukanlah hal yang mudah. Dan akan lebih sulit lagi bila harus merasa kepedasan ketika mengemudi. Butuh fokus yang baik untuk mengemudi dalam kondisi kepedasan. Daripada mengambil risiko, lebih baik hindari makanan pedas saat harus mengemudi.

Kini terbukti bahwa keselamatan berkendara bukan cuma berasal dari faktor kualitas mobil saja. Mobil berkualitas bisa diperoleh dari portal otomotif nomor 1 di Indonesia, Mobil123.com. sedangkan keselamatan berkendara juga ditentukan oleh kebiasaan masing-masing individu. Salah satu yang paling penting adalah kebiasaan makan sambil mengemudi.

Sumber:
kuakap.com/2016/03/10-makanan-ini-paling-berbahaya-saat.html
otomotif.news.viva.co.id/news/read/252808-10-makanan-paling-berbahaya-saat-mengemudi
Waktu akses: 15 April 2016

0 comments:

Posting Komentar