Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Setiap Hari

Hamil adalah hal yang paling ditunggu-tungggu oleh wanita yang sudah menikah. Memiliki anak dan menjadi seorang ibu adalah anugerah yang sangat tidak ternilai harganya. Banyak wanita yang sulit memiliki keturunan dan belum dikaruniai kesempatan mengandung, untuk itu sebagai wanita yang hamil sudah seharusnya mensyukuri semua berkah yang ada. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan kehamilan kita hingga waktunya melahirkan nanti. Menjaga kehamilan dapat dilakukan dengan cara makanan makanan yang sehat dan bergizi untuk janin dan ibu hamil. Ingin tahu makanan sehat untuk ibu hamil, simak ulasan dibawah ini :

1. Pisang
Pisang sangat bagus untuk ibu hamil, karena selain dapat mengurangi mual (ngidam). Pisang adalah sumber vitamin B6 yang tinggi (membantu mengatasi morning sickness), selain itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potasium.

2. Bayam
Bayam banyak mengandung asam folat. Asam Folat sangat diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K.

3. Kacang-kacangan
kacang-kacangan adalah sumber protein dan serat, oleh karena itu kacang selama kehamilan akan membantu mengatasi sembelit. Kacang juga mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi.

4. Telur
Kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting yang penting dalam perkembangan otak bayi (janin) dan juga meningkatkan otak Anda sendiri. Ibu hamil harus mendapatkan sekitar 450 mg choline setiap hari. Dan jika Anda vegetarian atau tidak suka telur , makanan lain yang mengandung choline termasuk daging sapi, susu dan kacang kedelai.

5. Alpukat
Alpukat adalah sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6. Diperkaya juga  lemak tak jenuh yang sehat, yang merupakan lemak “baik” yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Alpukat dapat pula membantu mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan.

6. Pepaya
Pepaya penuh dengan vitamin C, asam folat, serat, dan potasium. Pepaya juga merupakan cara alami untuk mengatasi sembelit. Namun, wanita hamil hanya boleh makan pepaya matang,sebab pepaya yang masih mentah kebanyakan mengandung pepsin dalam pada getahnya (resin dari pohon pepaya), yang dapat menyebabkan kontraksi.

7. Lemak Ikan
Lemak pada ikan laut  dalah sumber asam lemak omega 3 yang dapat membantu membantu jantung dan menguatkan kesehatan otak. Makan sampai 12 ons ikan per minggu dianggap aman untuk ibu hamil selama kehamilan.

Demikianlah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil setiap hari. Dengan makanan bergizi janin dan ibu hamil akan selalu sehat dan kuat. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments:

Poskan Komentar