Manfaat Beras Merah untuk Diet yang Sempurna

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Beras merah. Beras merah ini memang sering digunakan sebagai makanan pengganti nasi putih sebagai menu diet. Dan juga bagi penderita diabetes yang katanya dapat pula menurunkan diabetes. Beras merah juga mengandung karbohidrat yang baik.

Seiring perkembangan zaman, masyarakat mulai mengetahui khasiat dan manfaat dari beras merah ini. Sehingga beras merah untuk diet sempurna menjadi cukup diminati sekarang ini. Untuk rasanya nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak daripada nasi merah, ini juga dikarenakan kita lebih terbiasa memakan nasi putih. Selain itu beras merah mengandung zat gizi baik yang memang tidak dipunyai nasi putih.

Beras merah ini memang sangat terkenal untuk menu diaet. Apakah penyebabnya? Simaklah ulasan manfaat beras merah untuk diet yang sempurna berikut ini :

1. Menurunkan Berat badan
Beras merah memang sangat ampuh untuk menurunkan berat bada. Kandungan kalori yang rendah pada beras merah ini sangat bermanfaat untuk menghindari penumpukan lemak dan kelebihan kalori di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan proses sebagai berikut , Kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam beras merah akan menyuplai energi secara bertahap di dalam tubuh kita sehingga perut kita tidak akan mudah merasakan lapar dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka masukkanlah apel di dalam menu diet anda setiap hari.
Biji-bijan dari beras merah ini sangat bergizi dan mengandung 110 kalori per porsi dan masing-masing 2 gram untuk protein dan juga serat. Beras merah adalah sumber yang kaya akan magnesium, fosfor, tiamin, vitamin B-6 dan niacin dan juga menyediakan zat besi dan seng.

Ada peneliti yang meneliti 2 kelompok pastisipan, yaitu satu kelompok mengkonsumsi nasi putih dan yang kelompok lain makanan campuran beras merah, dan hasilnya kelompok yang mengkonsumsi beras merah kehilangan berat badan dan lemak lebih banyak, daripada kelompok lain yang mengkonsumsi hanya makanan pengganti nasi putih saja.

Kandungan glikemiks yang terkandung di dalam nasi merah sangat rendah sehingga sangat baik bagi orang yang menjalankan program diet . Hali ini dikarenakan kandungan Glikemiks yang rendah dapat mengendalikan penyerapan kalori dan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Disaat sedang melakukan program diet mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tetap penting, namun pilihlah yang memiliki kandungan serat seperti pada beras merah. Serat yang terkandung pada beras merah berasal dari kulitnya disebabkan beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan sehingga akan berbeda dengan manfaat beras putih karena nutrisi dan zat gizi lainnya ikut hilang karena penggilingan.

2. Sehat Untuk Pencernaan
Beras merah juga sangat baik bagi pencernaan. Beras merah yang kaya serat , sangat bermanfaat untuk usus dan membantu melancarkan metabolisme tubuh.

3. Mengontrol gula darah/baik untuk penderita diabetes
Bagi anda yang menderita diabetes, sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi beras merah karena kandungan seratnya sangat tinggi serta kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Selain itu beras merah dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga anda dapat terhindar dari masalah kolesterol tinggi.

Demikian beberapa manfaat Beras merah untuk diet anda. Semoga Artikel ini bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar