Penyebab Sakit Jantung yang Patut Diketahui

Jika kita bicara tentang penyakit jantung, kita pasti langsung teringat akan penyakit mematikan yang sangat berbahaya. Penyakit jantung atau yang disebut juga dengan jantung koroner adalah penyebab kematian terbesar ketiga di dunia. maka dari itu, kita semua wajib waspada terhadap penyakit ini. waspada saja tidaklah cukup untuk melindungi kita dari ancaman penyakit jantung. Lalu, langkah apa yang harus kita lakukan? Tenang, kali ini kami akan membagikan beberapa hal tetang penyebab sakit jantung yang wajib anda ketahui.

Faktor Usia
Semakin tua usia seseorang maka akan semakin tinggi pula tingkat resikonya mengidap penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh menurunnya performa atau stamina jantung manusia. Faktor usia ini merupakan faktor utama, akan tetapi kita dapat mencegahnya dengan olahraga yang teratur untuk menaja stamina jantung kita. Salah satu olahraga yang baik untuk mencegah penyakit jantung adalah lari, apalagi jika dilakukan pada pagi hari.

Kegemukan
faktor yang kedua adalah kegemukan. Kegemukan atau obesitas adalah suatu penyakit yang mana kadar lemak dalam tubuh terlalu banyak, sehingga sulit untuk dicerna. Lemak-lemak inilah yang nantinya menghambat kerja pompa jantung. Jika jantung sudah terbalut lemak, maka detak jantung akan melemah dan kemudian kehilangan fungsinya. Inilah yang disebut dengan jantung koroner.

Faktor Genetik
Faktor yang ketiga adalah faktor genetik atau keturunan. Pada umumnya, orang yang memiliki silsilah keluarga pengidap penyakit jantung akan mudah terserang oleh penyakit ini. akan tetapi, hal ini dapat diminimalisir dengan pola hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk.

Hipertensi
Faktor selanjutnya datang dari penyakit lain, yaitu hipertensi. Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu penyakit yang menyebabkan tekanan darah yang menuju jantung terlalu tinggi, sehingga menyebabkan jantung kewalahan dalam memompa darah. Hal inilah yang memicu terjadinya serangan jantung.

Kebiasaan Merokok dan Alkohol
faktor yang terakhir adalah faktor yang berasal dari eksternal atau luar tubuh, yaitu kebiasaan hidup yang buruk. Dua dari sekian banyak kebiasaan hidup yang buruk adalah rokok dan alkohol. Dua benda ini mengandung bahan-bahan yang berbaha bagi kesehatan manusia. Rokok mengandung nikotin dan tar yang mampu merusak fungsi jantung. Tidak hanya itu, rokok juga sangat berbahaya bagi paru-paru. Di sisi lain, ada pula alkohol yang juga berpotensi menimbulkan kerusakan pada fungsi jantung. Maka dari itu, kita wajib menghindari 2 benda yang memiliki efek buruk ini.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit jantung yang patut kita ketahui bersama. Satu hal yang terpenting adalah mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. Jika sudah terkena penyakit jantung koroner, maka akan sulit untuk disembuhkan. Jagalah pola makan dan biasakanlah gaya hidup yang sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 comments:

Posting Komentar