Resep Masakan dari Ayam Khas Indonesia yang Menggoyang Lidah

Indonesia memang memiliki berbagai kuliner yang khas mulai dari yang citarasa manis, pedas, asin dan asam atau gabungan dari keempatnya, pada artikel ini kita akan membahas tentang berbagai resep masakan dari ayam khas Indonesia. Kuliner Indonesia yang berbahan dasar ayam memang banyak sekali variasinya mulai dari Sumatra hingga Papua. Jika di Sumatra Barat ada Ayam Lado Mudo maka di Bali ada Ayam Betutu dan di Nusa Tenggara Barat ada Ayam Taliwang. Ketiga kuliner yang memakai bahan ayam tersebut memiliki rasa yang berbeda dan tentunya menggoyang lidah bagi siapapun yang menikmatinya.

Berbicara tentang kuliner Indonesia memanglah sangat menarik untuk kita bahas mengingat banyak sekali kuliner Indonesia. Ada yang berbahan ayam, sapi, kambing maupun babi. Masyarakat di Indonesia Tengah dan Timur tentunya tidak asing dan tabu dengan kuliner babi berbeda dengan masyarakat yang ada di Indonesia bagian barat. Namun di sini kita tidak akan membahas tentang kuliner yang berbahan dasar daging babi. Kita akan berbagi resep masakan dari ayam khas Indonesia. Contoh resep-resep masakan khas Indonesia yang memakai daging ayam adalah;

Opor Ayam
Masakan yang satu ini memang sudah familiar bagi lidah orang Indonesia. Semua daerah pasti memiliki resep opor ayam dan masakan satu ini adalah masakan khas Idul Fitri. Jadi bagi masyarakat Indonesia opor ayam adalah salah satu ciri khas kuliner Indonesia. Bahan-bahan untuk membuat opor ayam adalah daging ayam kampong/ras, santan, rempah-rempah (kunyit, serai, laos, dll). Bahan rempah2 dan ayam ditumis terlebih dahulu hingga harum kemudian masukan santan dan garam secukupnya, masak hingga matang lalu sajikan.

Ayam Taliwang
Salah satu kuliner Lombok yang terkenal adalah ayam taliwang. Ayam taliwang memang memiliki citarasa yang khas dan sangat unik dilidah. Bumbu-bumbu ayam taliwang seperti jeruk limau, bawang merah/putih, kencur, tomat, terasi, gula merah, dll. Sebelum ayam dibakar, ayam terlebih dahulu ditumis dengan bumbu-bumbu taliwang tersebut. Jika ingin citarasa yang sangat pedas boleh ditambahkan cabe sesuai selera.

Ayam Rica-rica
Kuliner pedas yang satu ini juga menjadi salah satu masakan khas Indonesia. Ayam rica-rica biasanya diminati oleh berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang tua. Cara membuatnya pertama ayam digoreng dahulu hingga kekuningan dan selanjutnya tumis dengan bumbu rica-rica hingga bumbu meresap kedaging ayam. Bumbu rica-rica seperti bawang merah/putih, cabai merah, jahe, merica, daun jeruk, dll.

Ayam Lado Mudo/Ayam Cabai Hijau
Salah satu kuliner ayam yang sangat khas Indonesia sekali adalah ayam lado mudo. Membuatnya pun sangatlah mudah pertama ayam dilumuri garam dan jeruk nipis dahulu sebelum digoreng hingga kecoklatan. Kemudian buat bumbu cabe hijaunya dengan bahan cabe hijau, serai, bawang merah/putih, dll diuleg dahulu dan ditumis hingga matang. Setelah harum dan matang lalu siramkan keayam yang sudah digoreng tadi. Citarasa pedas ayam lado mudo memang sangat menggoyang lidah kita.

Ayam goreng bacem
Untuk membuatnya sangatlah mudah pertama kita tumis bumbu-bumbu seperti bawang merah/putih, garam, gula, merica dll. Setelah harum masukkan ayam dan air secukupnya hingga bumbu meresap. Setelah ayam empuk dan bumbu meresap lalu goreng ayam bacem dan sajikan.
Kuliner yang berbahan dasar ayam yang khas dengan bumbu Indonesia memang sangatlah banyak. Dari ulasan beberapa resep masakan dari ayam khas Indonesia di atas bisa kamu coba di rumah.

0 comments:

Poskan Komentar