Cerita Dongeng Anak Terbaik

Cerita Dongeng Anak Terbaik - Dongeng merupakan suatu cerita yang biasanya dibacakan untuk penghantar tidur anak anak. Di dunia terdapat berbagai macam Dongeng yang terkenal yang dapat kalian bacakan kepada anak anak kalian atau untuk dibaca sendiri untuk bahan materi suatu hal untuk diambil kesimpulan serta amanat yang terkandung didalamnya.


Berikut karakteristik dongeng yang baik :
a. Tidak memiliki alur cerita yang terlalu panjang kecuali untuk novel yang berseri
b. Membuka wawasan dan pengetahuan baru terutama terhadap anak
c. Memiliki amanat yang mudah dimengerti oleh anak
d. Sesuai dengan usia anak dan tidak mengandung kekerasan
e. Mengajarkan hal hal baik dan melarang melakukan hal buruk
f. Menarik dan tidak membosankan


Setelah mengetahui karakteristik dongeng yang baik untuk anak anak berikut ada beberapa contoh dongeng yang sudah terkenal dan tentunya terkandung pelajaran atau amanat yang baik dan bisa diteladani oleh anak anak.

1. Pinocchio
Pinocio merupakan sebuah dongeng yang populer di seluruh dunia, Pinocio menceritakan tentang boneka kayu yang bisa hidup dengan larangan tidak boleh berbohong dan jika berbohong hidungnya akan bertambah panjang cerita berlanjut hingga akhirnya Pinocchio bisa menjadi anak laki-laki sempurna karena tindakannya yang jujur dan berani. Cerita ini mengejarkan agar tidak suka berbohong dan selalu berkata jujur.

2. Cinderella
Cinderella menceritakan tentang penindasan yang dilakukan oleh ibu serta kedua saudara tirinya, dia dijadikan pembantu dan mendapat perlakuan yang tidak adil. Namun pada akhirnya Cinderella dapat hidup bahagia bersama Pangeran setelah dibantu Ibu Peri untuk datang ke pesta karena kesabaran dan kebaikannya terhadap semua orang. Cerita ini mengajarkan kita untuk tetap sabar dan berbuat baik kepada semua orang

3. Snow White
Cerita Dongeng Anak Terbaik selanjutnya adalah Snow White yang memiliki cerita hampir sama dengan Cinderella yaitu ketidakadilan yang diperoleh dari ibu tiri, namun disini Snow White lari kedalam hutan dan hidup bersama 7 kurcaci. Namun suatu hari sang ibu tiri datang dengan menyamar sebagai nenek tua dan memberikan apel yang sudah diberi sihir kepada Snow White dan membuat ia tertidur. Namun akhirnya Pangeran datang untuk menyelamatkan Snow White dan mereka hidup bahagia.

4. Winnie The Pooh
Wnnie The Pooh merupakan sebuah cerita yang menghadirkan Beruang Pooh sebagai karakter utamanya. Beruang Pooh ini memiliki sifat yang baik, cerdas dan suka menolong temannya. Cerita Winnie The Pooh memiliki banyak seri sehingga menarik dan tidak akan merasa bosan.

5. Aladin
Aladin merupakan cerita yang berlatar di Timur Tengah dan Aladin sebagai tokoh utamanya. Aladin menemukan lampu ajaib saat berdagang ke luar negri, lampu tersebut berisi Jin yang dapat membantunya mengatasi berbagai masalah dan kesulitan dan akhirnya Aladin dapat hidup bahagia bersama Jasmin seorang putri kerajaan setelah melalui berbagai rintangan. Cerita Aladin ini menjadi salah satu Cerita Dongeng Anak Terbaik yang telah dibuat versi filmnya.

0 comments:

Poskan Komentar