Manfaat Bermain Bersama Anak dengan Boneka Little Pony

Memiliki putra putri cerdas serta kreatif tentu menjadi harapan bagi semua orang tua. Itulah mengapa para orang tua selalu berusaha untuk memberikan segala hal yang terbaik untuk sang buah hati tercinta. Mulai dari gizi sehari-hari, pendidikan terbaik serta tidak berkekurangan dalam hal apapun. Namun banyak orang tua lupa bahwa anak-anak tidak hanya sekedar membutuhkan makanan dan sekolah bagus dalam pertumbuhannya. Mereka juga butuh perhatian serta kasih sayang serta waktu dari para orang tua. Menyisihkan waktu untuk bermain bersama anak dengan boneka little pony atau mainan kesukaannya akan membantu anak membentuk kecerdasan karakter.

Meskipun membiarkan anak bermain sendiri adalah hal yang lumrah, namun tetaplah temani Ia sesekali waktu. Bermain memanglah dunia anak-anak. Mereka dapat menyalurkan segala kreativitas, menunjukkan bakat, serta mewujudkan berbagai macam fantasinya dalam sebuah alur permainan yang mereka buat sendiri. Namun beberapa permainan tidak selalu aman, di situlah peran orang tua untuk selalu melindungi anak. Bermain dengan anak ternyata memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya ke depan. Inilah beberapa manfaatnya:

1. Ikatan antara orang tua dan anak semakin kuat
Rentang usia yang jauh antara orang tua dan anak seolah memberikan sebuah pembatas dimana orang tua dan anak terkadang tidak bisa saling mengerti satu sama lain. Namun dengan sarana bermain, gap antara orang tua dan anak akan dapat diatasi. Anda bisa bermain hal-hal sederhana seperti bermain dokter-dokteran dengan Anda berpura-pura sebagai pasien dan anak menjadi sang dokter. Hal itu tentu sangat menyenangkan.

2. Mengontrol emosi
Lupa waktu ketika bermain sudah biasa terjadi pada anak-anak. Daripada Anda marah-marah dan membuat anak semakin kesal, maka lebih baik buat permainan yang bisa membuatnya menurut kepada Anda. Misalnya jika dia tidak mau makan karena keasyikan bermain, maka ajak dia bermain pura-pura memasak dan buat makanan bersamanya dan berilah hiasan-hiasan lucu sehingga Ia tertarik. Serta ajak pula mainan kesayangannya, seperti boneka little pony untuk memasak bersama. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol emosi putra-putri yang seharusnya kesal dan merajuk, menjadi lebih santai dan menyenangkan.

3. Melatih daya juang anak
Dalam permainan kompetisi, anak akan tertantang untuk memenangkan permainan apapun itu. Anda boleh mengalah padanya untuk membuatnya bergembira, namun sesekali Anda juga harus memberinya kesempatan untuk kalah sehingga Anda tahu bagaimana anak bereaksi terhadap kekalahannya. Dengan membuatnya kalah, maka latihlah anak untuk bertahan mengalami kekalahan dan tidak putus asa.

4. Melatih mematuhi aturan
Beberapa permainan memiliki aturan yang harus dipatuhi dalam alurnya. Dengan bermain bersama anak, maka Anda bisa melatihnya untuk mengetahui batasan-batasan tertentu dalam permainan. Dengan begitu diharapkan agar anak faham bagaimana mematuhi aturan dan apa konsekuensi jika tidak mengikuti aturan yang ada.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat ketika orang tua bermain bersama anak. Masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat anak diantaranya lebih mengasah kreativitas serta mengurangi stres pada anak. Selain itu kemampuan bersosialisasi anak juga bisa terlatih dengan permainan yang Anda mainkan. Tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh besarnya perhatian dari orang tua. Tanyakan padanya aktivitasnya hari itu jika Anda seharian tak bersamanya serta berdongenglah dengan ditemani boneka little pony atau mainan kesukaannya. sebelum sang buah hati tidur. Hal-hal kecil seperti itu dapat bermanfaat agar anak mengerti bagaimana mewujudkan rasa sayang.

0 comments:

Posting Komentar