Pencegahan Penyakit Diare yang Efektif dan Manjur

Pencegahan Penyakit Diare - Diare merupakan gangguan yang terjadi di pencernaan yang mengakibatkan sering buang air besar. Tentu hal ini sangat menjengkelkan bukan? Hampir setiap orang tentu pernah mengalami diare. Hal itu dikarenakan lingkungan yang tidak higienis dan juga memakan makanan yang tidak bersih. Ada banyak cara pencegahan penyakit diare dengan menggunakan obat alami atau herbal.

Salah satu pencegahan penyakit diare dengan obat alami adalah dengan daun jambu biji. Memang penyakit diare ini sifatnya bisa sembuh dengan sendiri, sehingga terkadang seseorang yang sedang mengalami diare ini menyepelekannya. Namun, meskipun begitu penyakit diare ini bisa menjadi penyakit yang serius bila disepelekan.

Gejala-gejala yang Timbul pada Seseorang yang Terkena Diare
Seseorang yang terkena diare biasanya ditandai gejala  seringnya buang air dalam frekuensi berlebih dari kebiasaan normal yang tidak lebih dari 3 kali sehari. Buang air besar yang berlebih ini terkadang juga bercampur dengan darah  serta lendir di saluran cerna. Seseorang yang terkena diare juga ditandai dengan rasa nyeri di perut, berasa mual, kemudian muntah-muntah, dan kadang juga demam. Bila tidak ditangani secara serius, penyakit diare akan menimbulkan bahaya. Maka dari itu, perlu penanggulangan yang tepat untuk mengatasi penyakit diare.

Diare pada seseorang akan menyebabkan dehidrasi yang bisa mengancam jiwa seseorang, seperti shock, kesadaran yang menurun, terjadinya infeksi yang berat, gangguan pada elektrolit, dan bisa juga sampai mengakibatkan gagal ginjal akut.

Macam-macam Penyakit Diare
Penyakit diare ini bisa dibedakan menjadi 2 kategori. Pembagian ini didasarkan pada lamanya penyakit diare tersebut menyerang seseorang. Dua jenis penyakit diare tersebut yaitu ;

1. Diare Akut
Penyakit diare akut, merupakan diare yang menyerang seseorang terjadi kurang dari 2 minggu. Penyebabnya karena suatu infeksi, keracunan, alergi pada hal tertentu, adanya reaksi obat-obatan. Di Indonesia penyakit diare akut, sebagian besar disebabkan karena adanya infeksi. Karena adanya banyak mikroorganisme sehingga bisa menyebabkan penyakit diare ini, misalnya ada virus, cacing, dan juga bakteri.

2. Diare Kronik
Diare kronik merupakan penyakit diare yang menyerang seseorang terjadi lebih dari 2 minggu. Penyakit ini disebabkan adanya penyakit non-efektif dari saluran pencernaan manusia, seperti penyakit kolon inflamatorik, kanker usus besar. Selain itu juga ditemukan pada pasien dari penyakit sistemik tertentu seperti HIV/AIDS.

Tips dan Cara Pencegahan Penyakit Diare
Untuk mengatasi adanya penyakit diare yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Berikut ini ada beberapa cara pencegahan penyakit diare yang efektif dan mampu menghindarkan anda dan keluarga dari ancaman penyakit diare.
1. Sehabis melakukan aktivitas apapun, segeralah cuci tangan hingga bersih.
2. Gunakan sabung antiseptik untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
3. Air yang dimasak hendaknya dimasak hingga benar-benar mendidih, supaya kuman di dalam air mati.
4. Ketika memasak makanan, juga harus dimasak hingga benar-benar matang. Karena makanan yang belum terlalu matang tentu masih mengandung kuman yang bisa membuat anda terserang penyakit diare.
5. Cara pencegahan penyakit diare yang benar-benar efektif  adalah dengan menerapkan polah hidup dan pola makan yang sehat dan higienis.

Semoga tips di atas bermanfaat dan anda semua terhindar dari penyakit diare. Dan siapapun bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit yang bisa mengancam jiwa dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan juga makan makanan yang memperhatikan ke-higienis-annya.

0 comments:

Posting Komentar