Mengikuti Trend Hijab Modern Yang Syar’i

Saat ini, mengenakan busana muslim dan hijab bukan saja dipandang sebagai bentuk ketaatan dalam menjalankan perintah agama dalam menutup aurat bagi para muslimah, bahkan kini hijab modern cenderung telah menjadi trend berbusana dan menjadi life style bagi kebanyakan kaum muslimah di Indonesia, bahkan dunia. Sekarang ini sudah banyak kaum wanita yang menjadikan Hijab modern yang fashionable sebagai gaya hidup kesehariannya dan secara umum dikenakan di berbagai suasana dan kondisi.

Sebagai wanita yang hidup dimasa kini, mengikuti trend hijab modern bagi para sobat muslimah tentulah merupakan satu hal yang wajar. Namun selayaknya sebagai umat muslim yang taat, sobat muslimah juga harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana agar hijab yang dikenakan bisa sesuai trend dan zaman namun tetap tidak melanggar ketentuan dan syarat berhijab sesuai syariat agama Islam.

Dengan begitu para sobat muslimah tetap bisa tampil cantik dan modis dengan mengenakan model baju hijab trendy modern tanpa harus melanggar ketentuan dan syariat agamanya. Nah para sobat muslimah, agar hati tetap merasa nyaman saat mengenakan hijab modern, mari simak beberapa ketentuan dan panduan tentang hijab yang sesuai syar’i di bawah ini agar bisa diterapkan pada hijab yang sobat muslimah kenakan :

1. Hijab harus menutupi dada sampai ke belakang. Sebagaimana ketentuan pakaian muslimah yang harus mampu menutupi seluruh tubuh pemakainya kecuali wajah dan telapak tangan dan tidak boleh menampakkan lekukan tubuh, maka hijab yang menutupi bagian atas tubuh selayaknya harus menutupi sampai daerah dada.

2. Bahan hijab sesuai ketentuan syar’i harus tebal, tidak boleh berbahan tipis menerawang dan tembus pandang sehingga bisa memperlihatkan bagian dalam yang ditutupi hijab.

3. Tidak memakai hijab dengan gambar makhluk yang bernyawa (manusia dan binatang), karena hal ini tegas dilarang oleh Rasulullah SAW. Karena itu sebaiknya kita berhati-hati saat menambahkan aksesoris pada hijab yang dikenakan. Karena biasanya hijab modern banyak mengaplikasikan aksesoris sebagai aksen tambahan, perhatikan dan pilihlah aksesoris yang tidak berbentuk manusia ataupun binatang.

4. Pilihlah motif dan warna hijab yang sederhana karena hijab sendiri sebenarnya adalah bentuk dari memperlihatkan kesederhanaan kaum muslimah dalam berpakaian dan berhias.

Nah sobat muslimah, itulah beberapa ketentuan hijab syar’i yang dapat dijadikan panduan saat sobat muslimah mengenakan hijab modern sesuai tren yang sedang berlaku saat ini. Tentunya panduan diatas tidak akan mengurangi nilai dan esensi keindahan dan kecantikan diri sobat muslimah dalam berbusana muslim dan berhijab yang modis dan sesuai tren, bahkan dampak positif yang akan dirasakan sobat muslimah adalah ketenangan hati saat mengenakan hijab sesuai zaman juga sesuai dengan syariat. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar