Rahasia Cara Mengatasi Batuk yang Terbukti Mujarab

Penyakit batuk memang tidak pernah kenal musim, dari musim penghujan sampai kemarau, batuk bisa menjangkit kapan saja. Selain itu, penyakit ini juga bisa terjadi pada semua orang berbagai umur, mulai dari ibu-ibu, para bapak, remaja, balita juga lansia. Penyebab batuk bisa macam-macam, yang paling ringan adalah karena debu, serbuk sari bunga dan asap. Namun, alergi pada sesuatu juga bisa memicu seseorang mengalami batuk.

Sebagai sistem pertahanan terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh, batuk bahkan bisa dijadikan indikasi seseorang terkena penyakit pernapasan seperti ISPA, tuberculosis, kanker paru-paru sampai asma. Akan tetapi, tidak semua batuk berbahaya, sebab bisa saja batuk Anda hanya karena sistem kekebalan tubuh sedang turun dan kemudian terjangkit flu.

Supaya hari-hari Anda menjadi lebih nyaman tanpa terganggu batuk, ada baiknya menyimak cara mengatasi batuk dengan obat-obatan tradisional yang terbukti mujarab berikut ini;

Cara Mengatasi Batuk dengan Konsumsi Buah Pir
Pasti banyak yang belum tahu bahwa buah pir ternyata efektif mengatasi batuk. Buah yang rasanya segar dan manis ini mengandung banyak nutrisi, selain banyaknya antioksidan yang terdapat di dalamnya, buah ini juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin B dan C, kalium serta banyak gizi lainnya. Anda dapat mengonsumsi buah pir ini satu kali dalam sehari.

Selain itu, apabila Anda atau saudara Anda adalah seorang perokok, ada baiknya mengonsumsi buah kaya serat ini tiap hari, untuk menghindarkan dari penyakit paru-paru yang biasanya menjangkiti para perokok.

Cara Mengatasi Batuk dengan Perpaduan Kecap Manis dan Jeruk Nipis
Rasa kecap yang manis dan jeruk nipis yang asam ternyata sangat mujarab untuk menyembuhkan penyakit batuk. Resepnya pun tidak ribet;
- Ambil satu sendok makan kecap manis
- Tambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
- Telan dengan cepat

Biasanya akan ada rasa lega di tenggorokan setelah mengonsumsi ramuan ini. Selain rasanya yang enak seperti kuah soto, menggunakan obat tradisional seperti ini akan mengurangi risiko efek samping. Jika Anda membeli obat kimia, biasanya menimbulkan rasa kantuk bahkan sembelit jika dikonsumsi terlalu lama.

Cara Mengatasi Batuk dengan Ramuan dari Tanaman Rimpang
Tanaman rimpang selain digunakan sebagai bumbu masakan, juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Jenis tanaman ini yang paling terkenal adalah kunyit, kencur, jahe biasa dan jahe merah. Kandungan antibiotik di dalam tanaman rimpang sangat efektif menyembuhkan batuk. Selain itu, penyajiannya sebagai obat pun bisa dipadukan sesuai selera.

Campuran kunyit dan merica;
- 1 sendok makan kunyit bubuk
- ½ sendok teh merica bubuk
- Masukkan bahan di atas ke dalam air mendidih
- Aduk merata
- Minum dua kali sehari saat masih hangat

Campuran jahe dan kencur;
- Sebuah jahe dan kencur (atau seperlunya)
- Parut kedua bahan tersebut
- Campur merata
- Masukkan ke dalam satu gelas air panas
- Saring, ambil airnya saja
- Minum dua kali sehari dalam keadaan hangat-hangat kuku

Atau, jika Anda memiliki batuk kering, cobalah mengonsumsi jahe merah. Anda tidak perlu mengolahnya seperti jahe biasa untuk mengobati batuk. Cukup kunyah jahe yang sudah dikupas bersih, sesap air jahenya, kemudian buang sisa ampasnya. Namun, jika Anda tidak suka, coba resep berikut ini.

Resep ramuan jahe merah;
- 1 buah jahe merah
- 1 gelas air
- Parut jahe merah tersebut
- Masukkan ke dalam air mendidih
- Diamkan 20 menit
- Angkat, saring dan sajikan dengan menambahkan gula secukupnya

Selain cara mengatasi batuk di atas, sebenarnya masih banyak tanaman herbal yang cukup berkhasiat. Misalnya daun sirih dan asam jawa. Namun, jika Anda sudah mencoba cara-cara tersebut tapi tak sembuh juga, atau bahkan semakin parah, ada baiknya berkonsultasi ke dokter. Sebab, dikhawatirkan Anda sedang mengalami sakit tertentu yang memang ditandai dengan batuk. Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

0 comments:

Posting Komentar