Tips Memilih Menu Makanan Sehat Bagi Keluarga

Tips Memilih Menu Makanan Sehat Bagi Keluarga - Makanan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Di beberapa tempat di dunia mungkin warganya banyak yang kelebihan stok makanan. Namun, di beberapa tempat lain, mungkin warganya kekurangan stok makanan. Dengan demikian patut kita syukuri apapun makanan yang sedang kita nikmati tersebut. Makanan yang sehat dan bergizi tentunya menjadi prioritas utama bagi suatu keluarga. Ibu-ibu tentunya akan memasakkan makanan yang terbaik bagi keluarganya. Meskipun, di lingkungan sekitar pun banyak warung-warung makan yang menyediakan makanan bagi ibu-ibu yang sedang sibuk untuk membuat makanan sendiri.

Banyak sekali keputusan – keputusan yang dipilih untuk menentukan makanan yang akan disajikan di meja makan. Banyak makanan tipe frozen yang sering kali disimpan di dalam almari es keluarga. Begitu pun camilan-camilan menghiasi meja makan, meja tamu, bahkan di ruang keluarga. Nah, pada artikel ini membahas mengenai tips sederhana dalam memilih menu makanan sehat bagi keluarga.

Pengertian makanan sehat
Menurut salah satu sumber dari internet, makanan sehat merupakan makanan yang bergizi, berserat, dan kaya akan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sering kali kita pernah mendengar istilah 4 sehat lima sempurna bukan?

Makanan yang dimaksud dalam istilah empat sehat lima sempurna adalah makanan pokok (karbohidrat), lauk pauk(protein), sayur-sayuran (mineral), buah-buahan (vitamin), dan susu. Beberapa orang mengatakan bahwa jika yang kita konsumsi ada yang tidak memenuhi kriteria dari empat sehat lima sempurna, maka tubuh masih ada kekurangan zat yang dibutuhkan. Sehingga penting untuk siapa pun dalam memenuhi kebutuhan seimbang bagi tubuhnya. Seimbang ini berarti tidak lebih dan tidak kurang.

Pentingnya memilih makanan sehat
Memilih makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari sangatlah penting. Hal ini karena energi yang diperlukan oleh tubuh dipasok melalui makanan yang kita makan. Fungsi-fungsi metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar dan baik melalui nutrisi-nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Kinerja kesehatan seseorang dapat dijaga dengan memilih makanan sehat untuk dikonsumsi.

Beberapa orang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Memang membiasakan diri untuk makan makanan yang sehat sangat sulit. Namun, prakteknya dapat dimulai melalui hal kecil, seperti mengurangi makanan yang kurang bergizi dan berbahaya bagi tubuh.

Tips memilih makanan yang sehat
Memilih makanan yang sehat untuk dimakan oleh keluarga dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.
1. Jika Anda membeli sayur-sayuran pilihlah sayuran yang organik. Sayuran organik maksudnya adalah sayuran yang ditanam, dipelihara, panen, dan di proses pasca panen yang tidak menggunakan zat kimia atau pestisida. Beberapa toko besar di kota sudah ada yang menjual dan memberikan label organik. Namun jika Anda membeli yang non organik, pastikan ketika hendak memasaknya dicuci yang super bersih, agar residu pestisida dapat hilang terlebih dahulu.
2. Jika Anda membeli camilan, pastikan untuk mengurangi membeli camilan yang tidak menggunakan serbuk penyedap, pengawet makanan, dan pewarna makanan.
3. Jika Anda menyukai makan daging, segera kurangi porsi dan mulailah makan makanan sayur untuk menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh Anda.
4. Coba untuk memulai memilih makanan lokal yang aman dan bergizi.
5. Pilihlah makanan yang memiliki serat tinggi, hal ini berguna bagi kesehatan usus Anda.
6. Kurangi jajan makanan fast food, kemudian cobalah membawa masakan rumah sendiri.

Menu makanan sehat bagi keluarga
Sebagai tambahan informasi bagi Anda, berikut ini pertimbangan menu makanan sehat yang dapat diterapkan bagi keluarga Anda. Menu ini berdasarkan salah satu sumber dari internet.

Menu pagi
Menu makanan pagi yang sederhana dan bergizi dapat berupa nasi, telur mata sapi, dan oseng-oseng kacang panjang, kemudian sebaiknya ditambah makan pisang dan segelas susu.

Menu siang
Menu makanan siang yang sederhana yaitu berupa nasi, sup sayur , dan tempe, dengan segelas air putih.

Menu malam
Menu makanan malam yang sederhana yaitu dapat berupa nasi, tempe, sup sayur, dan minuman segelas air teh.

Ada kalanya Anda memutuskan untuk membeli makanan yang fast food, namun ada baiknya setelah makan makanan tersebut Anda segera minum air putih secukupnya. Demikian artikel ini mengenai tips memilih menu makanan sehat bagi keluarga, semoga membantu dan bermanfaat bagi Anda. Semoga sehat dan sukses selalu.

0 comments:

Poskan Komentar