Cara Gampang dan Enak Bikin Lasagna

Cara Gampang dan Enak Bikin Lasagna - Kalau soal menuruti rasa yang enak di lidah memang tidak ada habisnya. Kadang kita merasa menginginkan Chinese food, American food, Indian food, atau Indonesian food. Tidak jarang pula orang-orang menginginkan cita rasa yang berbeda. Seperti Italian food, misalnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu masakan Italia yang terkenal selain pizza, yaitu lasagna.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat lasagna, tidak jauh-jauh saat kita akan membuat spaghetti atau macaroni. Karena mereka memang masih dalam satu rumpun. Bahan dasarnya yaitu bumbu daging yang khas Italia dan adonan pastanya. Nah, sekarang mari kita lihat step by step resep makanan lasagna agar enak!

Membuat saus daging

Bahan :
½ kg daging sapi giling
½ kg sosis (atau biasanya sosis yang tersedia dalam kemasan, ambil secukupnya)
1 siung bawang bombay ukuran sedang
4 siung bawang putih, haluskan
28 ons tomat yang sudah diblender
15 ons saus tomat
2 sdm gula
1½ sdt basil kering
1 sdt oregano kering
Merica atau black pepper secukupnya

Cara membuat :
1. Dalam sebuah penggorengan, masak daging giling, bawang Bombay yang telah diiris tipis, bawang putih yang sudah dihaluskan serta sosisnya dalam api sedang sampai berwarna kecoklatan.

2. Masukkan tomat yang sudah diblender, saus tomat, gula, basil, oregano, merica, dan sedikit garam serta merica secukupnya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sambil aduk secara bertahap sampai mendidih. Setelah selesai, coba cicipi. Jika sesuai dengan selera, taruh ke dalam mangkok.

Membuat kulit lasagna
1. Didihkan air dan minyak secukupnya
2. Masukkan lasagna yang sudah kamu siapkan (kamu cukup membutuhkan sekitar 3-5lembar tergantung berapa lapis yang kamu mau)
3. Setelah sudah cukup empuk, angkat dan tiriskan

Addition
Untuk membuat resep makanan lasagna agar enak, jangan sampai lupa untuk menambahkan keju dan mayonnaise. Jenis keju yang biasa digunakan adalah keju parmesan dan mozzarella untuk bagian atasnya. Tapi jika terlampau mahal atau kamu tidak suka rasa dari keju parmesan, kamu bisa menggantinya dengan keju cheddar biasa.

Final Step!
1. Panaskan oven sampai 375oC (atau kira-kira sendiri sampai cukup panas)
2. Siapkan loyang yang anti panas atau khusus supaya tidak meleleh bersama lasagna kamu
3. Letakkan kulit lasagna kemudian di atasnya ratakan saus daging, parutan keju, dan mayonnaise
4. Ulangi terus sampai terbentuk lapisan-lapisan
5. Masukkan ke dalam oven yang sudah panas selama 30-40 menit
6. Setelah itu keluarkan loyang lasagna dan tambahkan keju mozzarella
7. Masukkan lagi ke dalam oven selama 10 menit
8. Dan tada! Lasagna siap dihidangkan!

Sebagai tambahan, ada juga orang-orang yang menambahkan sayur seperti bayam sebagai isi lasagnanya. Atau jika kamu tidak suka daging sapi, bisa juga kamu ganti dengan jenis daging yang lain. Kalau ingin lasagna dengan bentuk lain, kamu bisa mencoba roll lasagna juga lho!

Selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar