12 Tips Traveling Terbaik Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Tips Traveling Terbaik - Semakin sering kita pergi traveling, akan semakin banyak pengalaman yang kita dapatkan. Dari pengalaman itulah nantinya dituai menjadi tips dan trik ciamik yang bisa jadi bahan pelajaran buat mereka yang pertama kali traveling.

Dalam setiap perjalanan pasti ada kejadian tak terduga yang dialami. Seperti misalnya kecopetan, koper hilang, atau menjadi korban tindak kejahatan scam. Dari kejadian seperti itu biasanya muncullah inisiatif dan tips serta trik traveling agar kejadian yang tak menyenangkan itu tidak terulang kembali.

Berikut adalah deretan tips untuk traveling yang bisa kamu ikuti. Coba dicek dari awal sampai akhir, pasti ada satu atau dua yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Ilustrasi: shutterstock
1. Fleksibel
Maksudnya fleksibel di sini adalah menjadi pribadi yang tidak terlalu kaku. Taat pada jadwal dan itinerary boleh, tapi jangan memaksakan semua terjadi di bawah kendali.

Misal, kamu terkena delay pesawat, jangan dulu panik dan marah-marah. Kalem aja dulu. Inilah kenapa kamu butuh untuk mengantisipasi kalau kena delay, misalnya cek tempat wisata di sekitar bandara.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan mencicipi kuliner di luar maupun di kedai dalam bandara.

2. Membuat daftar bawaan
Daftar bawaan ini bisa memudahkan kamu untuk mengecek apakah ada barang yang tertinggal atau tidak. Ada baiknya membuat daftar bawaan ini seminggu sebelum keberangkatan. Jadi, tiap kali teringat untuk bawa sesuatu tinggal catat saja di buku ataupun di ponsel.

Selain membantu kamu terhindar dari kelupaan membawa barang sebelum berangkat, daftar ini juga bisa membuat kamu mudah untuk mengingat kembali barang apa saja yang telah dibawa saat membereskannya setelah menginap di penginapan.

3. Mempelajari bahasa setempat
Tidak perlu sampai ambil kursus segala. Cukup belajar dari internet tentang beberapa kosakata dan kalimat sederhana dalam bahasa yang digunakan di destinasi tujuan kamu.

Misal, pelajari kalimat meminta tolong, menanyakan alamat, mengucapkan terima kasih, kalimat saat tawar menawar ketika belanja, hingga kalimat untuk mengucapkan selamat tinggal. Pelajari juga kosakata yang digunakan di papan penunjuk jalan dan di dalam transportasi umum.

4. Menyiapkan baterai cadangan
Bagi kamu yang membawa kamera maupun gadget dokumentasi lainnya, sangat dianjurkan untuk membawa baterai cadangan demi kegiatan dokumentasi yang lancar. Kalau ada baterai cadangan kan tidak perlu repot-repot harus mengisi daya tiap setelah digunakan. Kamu bisa mengisinya dengan bergantian pada malam hari saat di penginapan.

Kalau kamu memang kebetulan tidak membawa kamera dan hanya membawa smartphone dengan baterai build in, kamu tinggal bawa cadangan daya dengan power bank. Mudah kan?

5. Siapkan asuransi perjalanan
Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Asuransi perjalanan ini bisa membuat kamu ada “pegangan” dan menjadi pelindung secara tidak langsung. Meskipun kadang masih banyak sekali yang abai akan hal ini, asuransi perjalanan benar-benar tidak bisa dianggap sepele.

6. Fotokopi dan scan dokumen penting
Selama perjalanan, akan ada banyak hal tak terduga yang akan kamu lewati. Nah, tak terkecuali koper aatau tas hilang, atau bahkan dompet serta paspor yang hilang. Wah, kalau sudah mengalami hal demikian rasa panik pun akan dengan cepat melanda.

Karenanya, penting sekali sebelum berangkat kamu fotokopi dan scan dokumen penting lalu mengirimkan hasil scan ke emailmu sendiri. Ini berguna apabila salah satu dokumen hilang, kamu akan dengan mudah mengurusnya di kantor polisi dan KJRI.

7. Rencanakan outfit selama di perjalanan
Merencanakan pakaian yang akan dikenakan selama liburan juga penting. Ini demi menghindari yang namanya “saltum” atau salah kostum. Pakaian juga perlu disesuaikan dengan cuaca di destinasi traveling kamu nanti. Selain itu, pakaian yang disiapkan juga perlu lho direncanakan sebaik mungkin agar sepadan dengan gaya kamu saat difoto nanti. Kan ngga seru kalau pemandangan dan kualitas fotonya oke tapi outfitnya ngga kece.

8. Simpan satu bundel emergency kit di tas
Satu bundel ini harus berisi baju atasan, bawahan, pakaian dalam, dan juga peralatan mandi ukuran kecil. Selain itu, siapkan juga obat dan plester luka. Semua disimpan di dalam tas yang akan kamu bawa kemana pun.

9. Membawa pelembab kemana pun
Di saat cuaca panas maupun dingin, kulit kita akan kering dan perlu kelembaban ekstra. Untuk itu penting sekali untuk membawa pelembab kemana pun.

10. Bawa sunscreen kemana pun
Selain pelembab, penting juga untuk membawa sunscreen di dalam tas. Apalagi kalau destinasi wisata tujuan kamu adalah tempat yang panas dan negara tropis.

11. Waspada dengan WIFI gratis
Jangan pernah mudah tergiur dengan tawaran WIFI gratis di mana pun kamu berada. Kita tidak pernah tahu ada atau tidaknya niat jahat di baliknya. Jangan pula melakukan transaksi keuangan melalui WIFI tersebut karena rawan kita kena hack.

12. Pisahkan tempat menyimpan uang
Nah, terakhir selalu letakkan sejumlah uang di tempat yang aman dan berbeda-beda. Kalau sedang apes dan kecopetan kan masih ada cadangan uang di tempat yang lain.

Dari 12 tips tersebut mana yang belum kamu ketahui? Untuk itu, selalu buat rencana yang baik sebelum traveling. Bisa dimulai dengan booking hotel online dari jauh hari. Pesannya di website booking hotel murah terpercaya seperti www.reservasi.com, ya!

0 comments:

Posting Komentar