Berfilosofi Kopi di Agrowisata Kopi Luwak Kintamani Bali

Tahukah anda, selain keindahan pariwisata pantainya, pulau Bali juga ternyata merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia? Ya, salah satu ladang kopi terbaiknya berada di daerah Kintamani. Dalam hal perkembangan pariwisata di Bali, daerah kintamani memang difokuskan pada sektor pembangunan agrowisata, dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada para wisatawan domestik ataupun mancanegara pencinta kopi, maka tidaklah mengherankan jika perkebunan kopi di daerah ini mampu menjadi daya tarik para wisatawan.

Selain suguhan panorama alam yang indah, Kintamani juga termasuk daerah yang memiliki tanah yang subur, maka tidaklah heran, jika sebagian besar masyarakat Kintamani bekerja sebagai petani kopi. Dan yang menjadi objek wisata disini adalah perkebunan kopinya, produk-produk kopi dari dataran tinggi Kintamani pun  sudah mempunyai hak paten dan disertifikasi dengan merek Kopi Arabika Kintamani Bali. Karena kualitasnya, kopi-kopi Kintamani hasil kebun organik ini sudah diekspor ke Perancis, Jerman, Australia, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea.

Sebagian besar kopi yang beredar di pasaran adalah sisa produksi dari pasar ekspor atau kopi-kopi sisa panen, yang juga dikenal dengan sebutan kopi rajutan, kopi ini adalah kopi dari hasil petikan buah kopi merah, kuning, dan hijau, kualitas rasanya pun tak kalah dari kualitas kopi ekspor. Selain kopi rajutan, ada pula kopi Luwak Kintamani, kopi asli Kintamani ini adalah kopi yang sudah melalui fermentasi hewan luwak, disini luwak dibiarkan hidup bebas dan memilih sendiri kopi mana yang mau dimakan. Tahukah anda, Luwak memiliki naluri alami untuk memilih kopi terbaik, sehingga hasil fermentasi dari kopi luwak menjadikan kopi ini memiliki kualitas terbaik dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Harga jual di tingkat petani saja seharga Rp 1.500.000/kg, dengan syarat biji kopi merupakan hasil produksi dari luwak liar, jika menggunakan luwak tangkaran, harganya menjadi jauh lebih murah, sekitar Rp 500.000/kg. Kelebihan dari Kopi Luwak Kintamani ada pada kualitas kopi yang memiliki rasa yang pekat dengan tingkat keasaman seimbang dengan rasa kopinya.

Saat ini, sepanjang daerah Kintamani sudah banyak bermunculan agrowisata-agrowisata baru, mulai dari agrowisata kopi biasa hingga agrowisata kopi luwak, dan ada pula yang memadukan kopi dengan perkebunan cokelat,jahe, juga vanili. Anda bisa coba menjelajahi semuanya karena letaknya pun tidak terlalu jauh. Banyak hal menarik yang bisa anda dapatkan dari kunjungan ke perkebunan kopi,  terutama bagi siapa saja yang belum pernah merasakan suasana agrowisata.

Pengelolalan juga proses pengolahan kopi yang masih tradisional, terutama dalam proses roasting yang mengandalkan tungku api dari kayu bakar merupakan salah satu kekhasan yang ditawarkan oleh beberapa perkebunan di sini. Bayangkan rasanya menikmati kopi dalam udara yang dingin sambil menikmati pemandangan keindahan alam Kintamani yang menakjubkan, sebuah pengalaman baru yang menyenangkan dan berkesan bukan?

Agro wisata kopi luwak Kintamani Bali ini pun ditata dengan begitu menarik, sehingga terlihat tampak asri, rapi dan bersih, kawasan ini juga dilengkapi dengan trekking yang disediakan secara khusus untuk pengunjung, sehingga memungkinkan para pengunjung untuk mengeksplorasi keseluruhan juga keindahan perkebunan kopi dengan nyaman. Berwisata disini anda juga akan bertemu dengan binatang-binatang liar, diantaranya ada hewan luwak, monyet, burung serta kelelawar yang semakin menambah semarak suasana di agrowisata ini.

Berwisata di perkebunan kopi, tidak akan lengkap jika belum membeli oleh-oleh bubuk kopi, di Agrowisata Kintamani, pihak pengelola telah menyediakan toko oleh-oleh yang menjual aneka bubuk kopi, anda bisa bebas memilih aneka rasa kopi apa yang sesuai selera. Selain kopi, toko oleh-oleh di agrowisata Kintamani ini juga menjual pernak-pernik kerajinan dari kayu yang bisa anda beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman ataupun kerabat.

Bagi anda yang ingin mencoba melakukan wisata yang tidak biasa, ingin merasakan sensasi berfilosofi kopi:  mulai dari mengenal jenis biji kopi, cara menanam, memetik buah kopi, memanggang, menggiling kopi, sampai cara menyuguhkan dan menikmati secangkir kopi, cobalah untuk berkunjung ke agrowisata Kintamani Bali, Anda bisa merasakan sensasi mengenal kopi lebih dalam seperti yang dirasakan oleh Ben dan Jody di film filosofi kopi.

Jadi, bagi anda pencinta kopi, tunggu apalagi? Segera beli tiket pesawat online murah, dan demi kenyamanan perjalanan, pilihlah maskapai penerbangan terbaik menuju Kintamani. Anda bisa beli tiket pesawat Citilink yang melayani rute penerbangan menuju Bali dengan banyak pilihan jadwal keberangkatan. Lakukan pembelian tiket secara praktis dan mudah melalui Reservasi.com. Selamat berlibur!

0 comments:

Posting Komentar