Penjelasan Dan Pengaruh Sinar UV Terhadap Kehidupan

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah mendengar sinar ultraviolet dan dampaknya yang buruk bagi kesehatan khususnya kesehatan kulit. Namun tahukah anda apa sebenarnya yang dimaksud dengan sinar uv.


Penjelasan Mengenai Sinar UV

Jika ditinjau secara bahasa ultraviolet berasal dari bahasa latin yang terdiri atas dua kata yaitu ultra yang berarti melebihi dan violet yaitu salah satu warna cahaya dari sinar tampak yang memiliki panjang gelombang yang paling pendek.

Sementara secara istilah radiasi ultraungu atau yang lebih dikenal ultraviolet dapat diartikan sebagai radiasi dari gelombang yang bersifat elekromagnetis terhadap panjang gelombang yang memiliki panjang lebih panjang dari sinar x dan lebih pendek dari sinar tampak.

Sinar uv memiliki jarak atau panjang gelombang yang berbeda-beda hingga muncullah istilah uv a, uv b dan sebagainya. Berikut 3 macam sinar ultraviolet yang dibagi berdasarkan panjang gelombang yang dimilikinya
a. UVA memiliki panjang gelombang antara 315 hingga 380 nm yang tergolong ke dalam gelombang panjang dan disebut blacklight.
b. UVB memiliki panjang gelombang antara 280 hingga 315 nm yang tergolong ke dalam gelombang medium dan disebut medium wave
c. UVC memiliki panjang gelombang antara 10 hingga 280 nm yang tergolong ke dalam gelombang pendek dan disebut short wave

Pengaruh Sinar UV Terhadap Manusia

Seperti yang kita ketahui pancaran sinar ultraviolet yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah pada tubuh terlebih dengan semakin meningkatnya pemanasan global dan lapisan ozon yang semakin tipis membuat sinar uv semakin mudah sampai ke permukaan bumi. Berikut bahaya sinar uv yang perlu anda ketahui

1. Sinar uv dapat memicu munculnya kanker kulit karena salah satu zat yang terkandung di dalam sinar uv adalah zat karsinogen yaitu zat yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

2. Paparan sinar uv (uv-b) dapat membuat kulit menjadi rusak. Hal ini diawali dengan mengelupasnya zat histamin dalam kadar yang besar kemudian akan membuat kulit menjadi kering dan akhirnya sel kulit menjadi mati.

3. Selain memicu timbulnya sel kanker dan membuat sel kulit mati paparan sinar uv yang berlebihan juga dapat membuat kulit mengalami penuaan dengan lebih cepat. Hal tersebut dapat terjadi karena rusaknya berbagai zat yang menjaga kesehatan dan kecantikan kulit seperti zat kolagen dan jaringan ikat.

Namun siapa yang menyangka bahwa sinar uv yang sering dihindari oleh banyak orang ternyata juga memiliki manfaat yang cukup banyak bagi tubuh diantaranya yaitu sebagai sumber vitamin d alami bagi tubuh yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Selain itu sinar matahari pagi yang mengandung sinar uv juga dapat berguna membantu menyembuhkan berbagai penyakit dengan kata lain sebagai alat terapi terhadap berbagai penyakit seperti psoriosis, tbc kulit, vitiligo dll. Sinar ultraviolet juga bergun untuk mensterilisasikan air minum, membunuh kuman dan bakteri, membantu navigasi serangga serta membantu aktivitas fotosintesis pada tumbuhan.

0 comments:

Posting Komentar