Perkembangan Bayi Baru Lahir 7 Bulan Pertama

Setelah sembilan bulan berada di dalam kandungan sang ibu selanjutnya manusia akan melalui masa balita atau masa bayi yang akan sangat mempengaruhi perkembangan dan tumbuh kembang si kecil nantinya. Bagi orang tua merawat dan melihat perkembangan bayi baru lahir sangatlah mengasyikkan.

Namun perlu anda ketahui bahwa perkembangan bayi baru lahir antara satu dengan lainnya tidaklah sama baik dalam hal perkembangan otak maupun perkembangan kemampuannya. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor seperti asupan makanan yang diberikan baik pada saat masih beradad di dalam kandungan maupun setelah kelahirannya, kemudian faktor lingkungan dan support dari orang-orang di sekelilingnya.

Oleh karena itu kita perlu memberikan asupan nutrisi yang beragam dan seimbang serta menemani dan membantu tumbuh kembang si kecil agar tidak terjadi keterlambatan dalam hal perkembangannya. Berikut ini tahapan-tahapan perkembangan bayi mulai dari satu bulan pertama hingga usia satu tahun

1. Pada usia satu bulan pertama memang belum banyak perkembangan yang terjadi pada sang bayi karena pada satu bulan pertama bayi akan lebih banyak tidur yaitu sekitar 16 jam per hari. Namun beberapa perkembangan akan tetap bisa diamati misalnya seperti mata yang dapat terbuka sempurna, mulai bisa memperhatikan linkungan sekitarnya dan mulai bisa mengekspresikan apa yang tengah ia rasakan.

2. Pada usia 1 hingga 2 bulan jam tidur sang bayi akan mulai berkurang dan menjadi lebih teratur. Selain itu dalam perkembangan bayi baru lahir yang mulai menginjak dua bulan ini sang bayi gerak motorik si kecil mulai mengalami perkembangan yang ditandai dengan gerak refleks dan tangan sang bayi yang sudah bisa menggenggam sesuatu dengan baik.

3. Memasuki usia 3 bulan perkembangan bayi baru lahir akan semakin terlihat. Mereka mulai mampu mengerti hal-hal yang sederhana dan tersenyum ketika anda mengajaknya bermain.

4. Perkembangan selanjutnya yang akan nampak dari bayi yang tengah menginjak usia 4 bulan yaitu motorik sang bayi akan semakin terlihat dan pada masa ini bayi sudah mulai bisa tengkurap.

5. Selain gerak motorik yang semakin berkembang pengertian dan perkembangan bayi baru lahir juga semakin berkembang ketika usia 5 bulan. Hal ini dapat kita lihat ketika kita memanggil namanya maka ia akan menengok.

6. Perkembangan bayi baru lahir selanjutnya yang akan dialami sang bayi pada usia 6 bulan yaitu mulai mencoba untuk berbicara walaupun masih belum jelas apa yang ia katakan. Selain itu ia juga mulai mampu untuk duduk dengan tegak.

7. Dalam usia 7 bulan pertama ini bayi yang baru lahir perkembangan motorik dan perkembangan otaknya yang dialaminya akan semakin pesat. Sang bayi akan mulai belajar berdiri dan berjalan dengan merangkak, memasukkan sgala sesuatu yang ada di genggamannya. Oleh sebagai orang terdekat harus mengawasi jangan sampai sang bayi memasukkan sesuatu yang bukan makanan ke dalam mulutnya.

0 comments:

Posting Komentar