Resep Minuman Tradisional Teh Indonesia

Minuman tradisional Indonesia yang telah dikenal dan akrab bagi para penduduknya adalah minuman teh. Teh adalah minuman tradisional yang dibuat dengan cara yang juga tradisional, hanya dengan menyeduh daun, tangkai daun dari tanaman teh saja, anda sudah bisa merasakan khasiat dan kenikmatan dari minuman ini. Resep minuman tradisional teh apabila dikaji, sangat mudah untuk dilakukan dan dasarnya, caranya sama disetiap daerah. Namun mungkin yang sedikit membedakan adalah varias-variasinya, seperti penambahan susu, penambahan gula, penambahan sereh, cincau, dan lain-lain.

Resep Untuk Minuman Tradisional dengan Mudah


1. Membuat Teh Daun Salam

Daun salam merupakan daun dengan sejuta manfaat untuk kesehatan, diantranya dapat mengobati mag akut, dapat membuat gigi menjadi bersih dan putih, mengobati kencing manis, dan lain-lain. Pembuatan teh daun salam ini juga sangat mudah, berikut ulasannya :

Bahan-bahan:
- 10 embar daun salam yang segar
- 1 batang sereh, diambil bagian putihnya, kemudian memarkan
- 3 gelas air

Cara-caranya sebagai berikut
- Rebus daun salam dan sereh yang telah disiapkan
- Gunakan api kecil hingga air rebusannya menyusut
- Matikan api
- Tuangkan air tersebut kedalam gelas, teh daun salam siap disantap.

2. Teh Masala

Merupakan minuman tradisional khas India, namun di Indonesia sering dikonsumsi karena khasiatnya untuk kesehatan yang cukup banyak, diantaranya mencegah flu, mencegah diabetes, mengurangi kembung, dan lain-lain. Adapun resep minuman tradisional Teh Masala adalah sebagai berikut,

Bahan-bahan:
- 1 stik kayu manis
- 1 batang jahe
- 3 – 5 buah cengkeh
- 3 buah biji pala
- 2 buah kembang lawang
- Lada hitam secukupnya  (3 – 4 butir)
- Kapulaga secukupnya (3 – 4 butir)
- Air secukupnya

Cara-caranya sebagai berikut
- Tumbuk bahan-bahan yang telah disediakan hingga halus
- Masukkan kedalam air mendidih, diamkan dengan api yang kecil
- Sambil menunggu mendidih, anda bisa membuat teh (bisa menggunakan teh saches seperti teh sariwangi), campurkan teh tersebut dengan susu (kondisional)
- Tuang bumbu yang sudah mendidih tadi pada teh yang telah anda buat (cukup airnya saja yang dituang, anda bisa menggunakan saringan untuk memisahkannya)
- Aduk hingga rata, anda bisa menambahkan gula jika dirasa kurang manis.

Dua resep tersebut bisa diaplikasikan dengan mudah di waktu luang, teh sangat baik untuk dikonsumsi dipagi hari, apalagi jika cuacanya sedang dingin. Namun, sepertinya di waktu yang tidak luang, membuat teh dengan cara-cara diatas cukup memakan waktu yang lama. Tapi jangan khawatir!

Kini anda juga bisa menikmati kenikmatan teh celup, teh sachet yang langsung asli dari kebun teh yang berkualitas di Indonesia, anda bisa menyeduh teh sariwangi, hanya dengan mencelupnya, tidak hanya lima menit anda sudah bisa meminum teh nya.

0 comments:

Posting Komentar