Sertifikat PEFC Memperlihatkan Keunggulan PaperOneTM Buatan APRIL

Produk pulp dan kertas dari APRIL Group dikenal ramah terhadap lingkungan. Salah satu contohnya adalah PaperOneTM. Sebagai bukti, merek kertas premium ini sudah mengantongi sertifikat Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC).

APRIL Indonesia merupakan produsen pulp dan kertas terkemuka di dunia. Setiap tahun, mereka mampu memproduksi pulp sebanyak 2,8 juta ton. Sedangkan khusus untuk kertas, APRIL sanggup menghasilkan 850.000 ton setiap tahun. Kapasitas produksi tersebut membuat mereka menjadi salah satu pembuat pulp dan kertas terbesar di dunia.

Dari sekian banyak produk yang dihasilkan oleh APRIL Asia, PaperOneTM merupakan yang terdepan. Merek kertas premium ini telah menjadi kebanggaan APRIL dan Indonesia. Bagaimana tidak, PaperOneTM begitu populer. Produk ini sudah digunakan dan dipasarkan di lebih dari 70 negara di dunia.

Kesuksesan itu tentu tidak lepas dari kualitas yang dimiliki oleh PaperOneTM. ProDigi HD Print Technology yang digunakan dalam proses produksi membuat PaperOneTM memiliki sejumlah kualitas istimewa.

Kertas PaperOneTM dikenal mampu memunculkan warna secara maksimal. Selain itu, hasil cetakannya juga jelas. Garis-garis dalam cetakan tegas dan terlihat nyata. Bukan hanya itu, ProDigi HD Print Technology, memungkinkan kertas PaperOneTM cepat untuk kering sesudah dicetak. Akibatnya warna tidak akan luntur.

Beragam kelebihan itu masih ditambah dengan penghematan yang bisa didapat jika memakai PaperOneTM. Berdasarkan penelitian independen yang dilakukan oleh Buyer Laboratory, PaperOneTM mampu menghemat tinta sebesar 18 persen ketika dibandingkan dengan merek kertas lain.

Sejumlah keunggulan tersebut sudah membuat PaperOneTM yang diproduksi APRIL Group menarik perhatian banyak pihak. Namun ternyata itu belum semua. APRIL melengkapinya dengan kepemilikan sertifikat PEFC.

Perlu diketahui, PEFC merupakan sebuah skema sertifikasi hutan terbesar di dunia. Sampai saat ini tercatat ada lebih dari 300 juta hektare hutan dan 19.800 perusahaan telah disertifikasi PEFC.

Adapun PEFC sendiri merupakan lembaga internasional non-profit yang independen. Mereka memberikan sertifikasi kepada pihak ketiga untuk memastikan pemanfaatan sumber daya hutan.

Terdapat dua cara dari PEFC untuk menjalankan sertifikasi. Pertama adalah Sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari (Sustainable Forest Management). Sistem sertifikasi ini mengakui operasional yang menjaga nilai-nilai ekologi, sosial dan ekonomi hutan. Sedangkan yang kedua adalah Sertifikasi Rancak Balak (Chain of Custody). Hal ini mengacu kepada pendekatan pemantauan setiap langkah dari rantai pasokan dari hutan ke konsumen.

Memiliki sertifikat PEFC berarti penting bagi sebuah produk. Ini menandakan produknya diperoleh dan diproduksi dari proses produksi yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan.

PaperOneTM yang diproduksi APRIL Group sudah mengantongi sertifikat PEFC. Hal ini membuktikan bahwa produk APRIL Asia ini berasal dari sumber resmi dan ramah lingkungan melalui pengelolaan hutan berkelanjutan.

APRIL Indonesia menjadi perusahaan pertama dari Indonesia yang mendapatkan sertifikasi dari PEFC. Mereka memperolehnya pada 2015 sehingga semua produk APRIL termasuk PaperOneTM sudah dijamin ramah lingkungan.

PENCAPAIAN PENTING BAGI PAPERONETM

Perolehan sertifikat PEFC merupakan prestasi tersendiri bagi APRIL dan khususnya PaperOneTM. Setidaknya ada empat alasan yang membuat program sertifikasi ini penting bagi PaperOneTM.

1. Mendukung Praktik Berkelanjutan
Pertama adalah fungsinya yang mendukung keberlanjutan. Memiliki sertifikat PEFC berarti PaperOneTM diproduksi oleh APRIL Group dengan bahan baku dari hutan-hutan yang dikelola secara berkelanjutan. Selain itu, asal-muasal bahan baku juga dapat diawasi dan dilacak.

Bukan hanya itu, sertifikat PEFC juga memastikan keberadaan perusahaan tidak merugikan pihak-pihak di sekitarnya. Sertifikasi ini menyoroti langkah pengelolaan hutan oleh APRIL supaya selalu mengutamakan aspek sosial, lingkungan, maupun ekonomi.

Dengan demikian, mengantongi sertifikat PEFC berarti PaperOneTM mendukung keberlanjutan. Produknya tidak merugikan sama sekali untuk masa depan.

2. Sistem Sertifikasi Hutan Terbesar
Alasan kedua yang membuat sertifikat PEFC merupakan keunggulan tersendiri dari PaperOneTM adalah skalanya. PEFC kini tercatat sebagai sistem verifikasi kehutanan independen terbesar di dunia.

Diperkirakan sampai saat ini sekitar 2/3 hutan yang sudah disertifikasi mendapat verifikasi dari PEFC. Hal itu bisa terjadi karena proses sertifikasi yang mereka lakukan beserta hasilnya sudah diakui di lebih dari 39 negara.

Berkat itu, publik sangat terbantu. PEFC bisa memandu khalayak untuk memilih produk-produk yang ramah terhadap lingkungan seperti PaperOneTM.

3. Standar Verifikasi Tertinggi
Alasan lain yang membuat PaperOneTM tidak bisa diremehkan karena telah mendapat sertifikat PEFC adalah standar yang dipegang. PEFC merupakan proses sertifikasi dan verifikasi praktik berkelanjutan terbaik di dunia.

Memperolehnya memiliki dua arti sekaligus. Sertifikat PEFC memastikan PaperOneTM memiliki standar pengelolaan alam ramah lingkungan yang diakui oleh industri dan negara. Selain itu, produknya dipastikan berasal dari pengelolaan hutan secara berkelanjutan.

4. Dibangun Berdasar Konsensus Internasional
Mendapat sertifikat PEFC berarti jalan lapang bagi PaperOneTM di pasar internasional. Fakta bahwa PEFC dibangun berdasarkan konsensus internasional menjadi alasannya.

Perlu diketahui, sertifikat PEFC diterima oleh beragam sektor mulai dari sektor privat hingga sektor publik di seluruh dunia. Selain itu, keberadaannya juga diakui secara global dan lintas negara. Memiliki sertifikat PEFC menjamin standar keberlanjutan dalam APRIL Group diakui di belahan dunia mana pun.

KEUNTUNGAN DARI SERTIFIKAT PEFC

Keuntungan yang diperoleh berkat keberadaan PEFC tidak hanya dinikmati oleh pihak produsen seperti APRIL Asia. Konsumen juga akan menikmati keuntungan tersendiri.

Hal itu bisa terjadi karena ada dua manfaat besar dari PEFC. Pertama sertifikasi ini memastikan kelestarian alam tetap terjaga. Menerapkan standar yang ditetapkan oleh PEFC membuat APRIL Group mampu memproduksi PaperOneTM secara bertanggung jawab. Hutan dan lahan dikelola dengan tetap mempertahankan biodiversitas, produktivitas, dan kemampuan regenerasinya.

Langkah ini bermanfaat penting bagi alam. Potensi hutan dan lahan bisa dimanfaatkan secara ekonomi dan sosial. Namun, bersamaan dengan itu, kelestariannya akan tetap terjaga sepanjang masa. Selain itu, ekosistem lain tidak akan rusak

Sementara itu, masyarakat juga akan menikmati keuntungan dari sertifikat PEFC. Mereka bisa memilih produk terbaik seperti PaperOneTM. Sebab, mengantongi sertifikat PEFC merupakan tanda bahwa APRIL Asia melindungi hak-hak pekerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam Konvensi International Labour Organization. Bukan hanya itu, APRIL juga berarti mendorong pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

Hal tersebut bisa dipastikan karena PEFC memantau proses produksi di alam tubuh APRIL Indonesia. APRIL dituntut untuk bisa memberikan jaminan kesehatan, sosial, serta keamanan bagi masyarakat di sekitarnya. Jika tidak bisa memenuhi, maka sertifikat PEFC tidak akan diperoleh.

Dalam menyusun sertifikasi, PEFC bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan dalam industri. Pihak pemerintah, masyarakat, pemilik industri, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat dilibatkan dalam penyusunan untuk menjamin keabsahan.

Dengan demikian, tidak mengherankan PaperOneTM diminati oleh banyak pihak di berbagai belahan dunia. Selain memiliki kualitas tinggi, kertas premium yang diproduksi APRIL Group ini ternyata mengantongi sertifikat PEFC. Ini menandakan proses produksinya dilakukan secara bertanggung jawab sehingga aman untuk lingkungan.

0 comments:

Posting Komentar