Buah Terbaik dan Aman dikonsumsi Pengidap Diabetes

Makanan dengan rasa manis alami ini seperti buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh vitamin, mineral, dan serat. Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam British Medical Journal mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi buah utuh dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2. Buah juga mengandung gula alami berbentuk fruktosa. Dilansir dari Mayo Clinic, rata-rata kandungan fruktosa buah sekitar 15 gram, sehingga hanya berkontribusi sedikit untuk kalori pada tubuh.

Oleh karena itu, bagi pengidap diabetes memilih buah sebagai penambah karbohidrat merupakan sebuah solusi yang bagus. Berikut beberapa buah untuk diabetes yang dapat dikonsumsi.

1. Jeruk
Jeruk bisa menjadi pilihan Anda untuk melengkapi karbohidrat dalam tubuh dengan cara yang jauh lebih aman. Apalagi jeruk memiliki indeks glikemik dibawah angka 55 dan tentunya sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Indeks glikemik atau GI selanjutnya disebutkan, adalah acuan untuk mengukur seberapa cepat makanan yang akan dikonsumsi meningkatkan kadar gula darah.

2. Stroberi
Stroberi ternyata mampu menjadi menjadi asupan gula tubuh yang baik. Meskipun terasa begitu manis, tetapi satu cangkir buah stroberi hanya mengandung tujuh gram gula dan 12 gram karbohidrat. Menurut ahli diet klinis dan konsultan diabetes tersertifikasi, Marina Chaparro, RD, CDE, stroberi juga rendah kalori dan kaya akan vitamin C.

3. Anggur
Buah anggur mengandung antioksidan polifenol yang mampu membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Sebagai salah satu jenis buah dengan rasa manis, anggur juga rendah kalori dan kaya serat. Selain itu, anggur bisa menjadi salah satu buah yang baik bagi pengidap diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah.

4. Apel
Sebuah apel mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi dan serat yang lumayan tinggi. Kandungan serat yang terdapat pada buah apel mampu menjaga perut terasa kenyang lebih lama. Serta juga mampu memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah dan hebatnya lagi juga dapat mengurangi kolesterol. Mengonsumsi apel juga sebaiknya dimakan bersama dengan kulitnya dikarenakan kulit apel mengandung antioksidan tinggi.Selain itu, apel juga memiliki IG yang rendah. Ini artinya buah apel dapat mencegah peningkatan kadar gula darah pada tubuh.

5. Mangga
Buah mangga kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mangga juga memiliki kandungan mangiferin yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh. Mangga juga tinggi akan serat yang dapat membantu menjaga proses pencernaan tetap lancar. Mangga tentunya tidak susah didapatkan karena merupakan salah satu buah yang tumbuh subur di Indonesia.

Buah-buahan diatas dapat menjadi pengganti gula produksi industri, apalagi ditambah dengan kayanya nutrisi baik bagi tubuh penderita diabetes. Namun tetap diingat untuk mengatur jumlah asupan yang diterima oleh tubuh dari buah-buahan.

0 comments:

Posting Komentar