Gempa Aceh Tsunami 2012

Gempa Aceh Tsunami 2012 yang telah kami persembahkan untuk anda semua bagi para pembaca setia blog Yoedha Com. Selamat membaca isi postingan kami, karena dengan membaca maka kita akan menambah wawasan lebih jauh hingga kepelosok dunia. Buatlah hari-hari kita sebiru postingan terbaik kami Gempa Aceh Tsunami 2012.

Gempa berkekuatan 8,9 SR menggoyang Aceh dan Sumatera Utara lalu memang bisa mengakibatkan Aceh terjadi Tsunami 2012. Meski getarannya sangat kuat namun Gempa Aceh 2012 tersebut berbeda dengan yang terjadi 2004 yang lalu. Kali ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami besar seperti halnya Gempa Aceh Tsunami 2004 tersebut.

Ternyata Gempa kali ini bukan interplate seperti Gempa Aceh yang menewaskan 230 ribu jiwa tersebut, melaikan Gempa intraplate tidak menyebabkan tsunami besar dan menyebabkan gerakan mendatar yang menghasilkan getaran dan riak gelombang di lautan. Kalaupun ada tsunami tingginya hanya 10-20 cm atau maksimal tak lebih dari satu meter yang bisa mengakibatkan terjadinya Tsunami yang besar.

Karena telah tercatat telah terjadi pasang surut di beberapa pantai, Pantai Lasewa, Nias Utara sepanjang satu meter, dan di pantai Meulaboh sepanjang 1,2 meter dari bibir pantai. Tsunami kecil juga terdeteksi di Sabang setinggi 0.06 meter dan Meulaboh setinggi 0,8 meter. Gempa susulan sebanyak 17 kali sempat memperpanjang peringatan tsunami, namun sekarang BMKG telah mencabutnya. Pencabutan itu diambil tidak lama setelah Pusat Peringatan Tsunami Pasifik milik Amerika Serikat membatalkan peringatan serupa. Hingga Rabu malam tidak ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerusakan fisik serius ada warga yang terkena kerusakan.

Gempa Aceh Tidak Terjadi Tsunami 2012

Terima kasih telah bersedia membaca postingan terbaru kami Gempa Aceh Tsunami 2012 di blog sederhana dan kesayangan anda semua Yoedha Com Rating 5.0

0 comments:

Poskan Komentar