Kopetensi Guru Yang Profesional

Kopetensi Guru Yang Profesional - Seorang guru haruslah mempunyai sebuah kompetensi yang profesional. Dimana guru dapat menyampaikan materi ajar dengan baik dan mampu menguasai materi yang diberikan kepada siswa. Kopetensi Guru Yang Profesional dalam menanamkan moral pada siswa guru dapat memberikan pendidikan karakter terkait dengan materi yang akan diberikan. Sekarang sudah disepakati bahwa setiap mata pelajaran harus terdapat pendidikan karakter. Tujuan kopetensi guru agar siswa mampu mengambil hikmah atau nilai setelah mendapatkan pelajaran dari guru. Selain itu siswa juga dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap mata pelajaran di kehidupan sehari-hari.

Pendidikan karakter tersebut dapat membantu siswa dalam membetuk kepribadian yang baik. Dimana siswa harus mendapatkan karakter yang baik dari setiap mata pelajaran. Antara lain, kedisiplinan, kejujuran, toleransi, ketaqwaan, tanggung jawab, dll. Disini siswa akan terbiasa untuk memahami nilai-nilai di setiap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Maka bisa di pastikan pada kinerja guru akan bagus dan bisa di bilang sebagai guru yang profesional.

Peran guru selain memberikan materi yang di dalamnya terdapat pendidikan karakter juga memberikan contoh kepada siswa. Terutama siswa yang masih berada di kelas rendah. Tentunya siswa belum memainkan akal fikirannya secara abstrak. Mereka masih berfikir secara konkrit dan membutuhkan contoh yang nyata. Nah disinilah guru berperan untuk memberikan contoh yang baik kepada siswa. Bagaimana berperilaku disiplin, jujur, penuh tanggung jawab, dll. Siswa pada kelas rendah cenderung akan menirukan apa yang dilakukan oleh gurunya. Oleh karena itu jangan menjadi seorang guru yang tidak disiplin alias telatan. Karena akan selalu ditiru oleh siswa.

Berbeda dengan siswa di kelas tinggi sedikit demi sedikit mereka sudah dapat merenungi sesuatu yang abstrak. Akan tetapi sebagai seorang guru harus senantiasa memberikan nasihat dan pesan moral dalam setiap akhir proses pembelajaran. Diharapkan dengan tindakan guru yang sedemikian rupa dapat memberikan siswa pencerahan untuk berperilaku baik, amin.

Kompetensi yang juga tidak kalah pentingya harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi sosial. Sebagai seorang guru harus pandai berkomunikasi dan bersosialisasi dengan siswa, teman sejawat, kepala sekolah, dan masyarakat di lingkungan sekitarnya. Peran guru disini adalah mensosialisasikan kepada siswa terutama untuk mengenalkan perbuatan yang baik-baik dan perlu dicontoh. Tanpa berkomunikasi guru tidak dapat menyampaikan segala aspirasinya yang ada dalam benak guru yang bersangkutan.

Kami ucapkan banyak terima kasih kepada anda semunya karena telah bersedia membaca artikel kecil terbaru kami Kopetensi Guru Yang Profesional di blog Yoedha Com5.0

0 comments:

Posting Komentar