Resep Gudeg Yogya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sajian masakan tradisional dari berbagai daerah. Salah satunya pulau Jawa yang menyimpan keanekaragaman masakan dengan cita rasa khas nusantara. Salah satu masakan yang sudah terkenal kelezatannya adalah gudeg Yogya yang sangat cocok disajikan dengan sambal goreng krecek, kuah areh, opor ayam dan tahu. Jika Anda tertarik mencoba resep masakan jawa gudeg Yogya, berikut kami sajikan.

Bahan-bahan gudeg:
- 1 kg nangka muda, di potong kecil-kecil
- 10 butir telur, rebus kemudian di kupas cangkangnya
- 10 lembar daun salam
- 3 buah lengkuas ukuran sedang, memarkan
- 2 liter santan dan 1 liter air kelapa

Bumbu halus:
- 15 siung bawang merah
- 10 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 7 butir kemiri
-  250 gr gula merah
- 2 sdm garam
- ½ sdt merica bubuk

Cara membuat resep masakan jawa:
1. Cuci nangka muda hingga bersih, rebus hingga setengah empuk lalu angkat, tiriskan.
2. Letakkan daun salam sebagai alas panci, kemudian letakkan lengkuas yang sudah di memarkan di atas daun salam tersebut. Masukkan juga potongan nangka muda yang sudah di rebus, telur rebus yang sudah dikupas cangkangnya dan gula jawa.
3. Campurkan ½ liter air kelapa dengan bumbu-bumbu yang sudah di haluskan seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar. Aduk hingga merata lalu masukkan ke dalam panci yang sama.
4. Tuangkan sisa air kelapa hingga seluruh bagian nangka dan telur terendam lalu tutup panci.
5. Masak menggunakan api sedang selama kurang lebih 2 jam. Hindari membuka tutup panci agar tingkat kematangannya tidak berbeda. Jika airnya sudah tersisa sedikit, angkat lalu sisihkan telur.
6. Tuangkan air santan, aduk-aduk hingga merata. Masukkan lagi telurnya sampai terendam dalam air santan.
7. Lanjutkan memasak dengan api kecil selama kurang lebih 3-4 jam sambil sesekali di aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga matang dan santan telah habis, atau hingga warna gudeg sudah berubah menjadi cokelat kemerahan.
8. Siramkan kuah areh atau opor ayam di atas gudeg nangka. Resep hidangan jawa sajian gudeg Yogya siap di sajikan dengan opor ayam, sambel goreng krecek, nasi dan kerupuk.

0 comments:

Posting Komentar