Pengolahan Ikan Supaya Tidak Bau Amis

Pengolahan Ikan Supaya Tidak Bau Amis - Ikan adalah suatu hewan yang hidup di dalam air yang mempunyai banyak nurisi dan protein. Ikan ini punya macammacam hewan baik yang punya ukuran besar maupun sampai ukuran yang kecil.  Namun ada satu hal yang membuat banyak orang malas dengan menu ikan terutama ikan laut,  karena bau amis. Beberapa orang tidak menyukai hidangan ikan karena amisnya, padahal ikan merupakan sumber protein yang sangat baik dan juga terjangkau. Kandungan gizinya secara umum bahkan lebih baik dari sumber protein hewani lainnya. namun karena bau amis ini ibu – ibu malas memasak ikan yang mempunyai bau  amis yang ada pada ikan khususnya ikan laut.

Dengan pengolahan yang baik dan benar maka bau amis pada ikan dapat di minimalisir atau malah dapat di hilangkan. Berikut adalah cara menghilangkan bau amis pada ikan.
1. Pastikan ikan yang kita pilih adalah ikan yang segar dan baik. Dengan memilih ikan yang baik dan segar itu bisa di lihat dari kondisi mata ikan atau warna  pada ikan tersebut segar ataukah sudah pucat.
2. Bersihkan bagian dalam ikan yang biasa di bersihkan. Dengan membersihkan bagian dalam ikan, maka dapat membuat ikan akan masih terlihat segar dan dapat meminimalisir bau ikan itu dengan cara membersihkan bagian dalam ikan tersebut sampai tidak ada yang tersisa.
3. Setelah dibersihkan bagian dalam, lakukan pembersihkan ulang dengan menggunakan air bersih sampai bagian dalam pastikan tidak tersisa sedikitpun yang masih kotor.
4. Simpan ikan yang sudah dibersihkan dan yang sudah diberikan garam atau jeruk nipis pada lemari es. Seandainya tidak dimasukkan ke lemari es maka masukan ikan tersebut ke dalam wadah yang sudah berisikan es batu walau kondisinya hanya bertahan sebentar.
5. Kemudian segera beri garam pada ikan yang sudah dibersihkan.
6. rendam  atau rebus dengan air jeruk nipis atau cuka dengan waktu 10 sampai 20 menit ikan tersebut di rendam. Dengan cara ini kita bisa meminimalisir atau malah bisa menghilangkan bau amis tersebut pada ikan.
7. Bersihkan kembali ikan yang sudah di rendam tadi dalan air jeruk nipis atau cuka.
8. Supaya lebih hilang lagi, masaklah ikan dengan rasa yang pedas.karena dengan memasak pedas rasa bau amis akan hilang pada ikan tersebut,

Selain dengan menggunakan jeruk nipis atau ikan ada bahan yang lain yaitu dengan menggunakan jahe, daun jeruk, apel ataupun air lemon. Bahan – bahan itu bisa diguankan untuk meminimalisir atau malah menghilangkan bau amis tersebut.

Untuk ibu – ibu seandainya punya ikan yang punya bau amisnya lebih tercium bisa menggunakan cara yang di atas mudah – mudahn bermanfaat. Kepada ibu – ibu semoga dapat menjadi informasi yang baik dalam menghadapi bau amis pada ikan.

0 comments:

Poskan Komentar