Joran: Pilih yang Sesuai dengan Medan Pancing Anda

Memancing merupakan sebuah hobi yang memang identik dengan seorang laki-laki. Untuk melakukan hobi ini secara profesional, tentunya diperlukan peralatan dan perlengkapan yang memadai untuk melakukan hobi yang satu ini. Salah satu peralatan dan perlengkapan utama untuk melakukan kegiatan dan hobi memancing ini adalah joran. Mungkin bagi orang yang awam mereka akan asing dengan kata tersebut, namun bagi orang yang memang hobi dalam memancing mereka akan langsung memahami istilah tersebut. Istilah yang disematkan untuk tongkat pancing ini memang terasa asing jika diucapkan oleh orang yang memang tidak mengerti.

Tongkat pancing merupakan peralatan dan perlengkapan utama yang digunakan oleh mereka yang memiliki hobi dalam hal memancing. Untuk penggunaan tokat pancing ini pun akan berbeda-beda bergantung pada medan pancing yang mereka jadikan tempat memancing. Untuk jenis tongkat pancing yang digunakan untuk memancing di air tawar, akan berbeda dengan tongkat pancing yang digunakan untuk medan pancing air laut. Hal tersebut lebih dipengaruhi oleh faktor alam yang membentuk medan pancing, serta besarnya tangkapan pancing yang menjadi target pancing.

Berikut ini jenis-jenis joran, yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemancingan sesuai dengan medan pancingnya, yang antara lain adalah:

• Jenis spinning, jenis tongkat pancing ini biasanya digunakan bersamaan dengan rel spinning dan lebih banyak digunakan untuk medan pemancingan laut, dimana jenis tongkat ini memiliki tingkat keakurasian lemparan yang tinggi, serta mampu menarik ikan berbobot besar, seperti layaknya ikan yang terdapat dalam air laut.

• Jenis baitcasting, jenis tongkat pancing ini sangat cocok digunakan untuk medan pancing yang memang sempit dan sulit dijangkau, seperti sebuah sungai ataupun rawa. Penggunaan tongkat pancing ini memang lebih sulit, karena membutuhkan pelemparan dengan akurasi yang tinggi dimana untuk melemparnya digunakan teknik pelemparan ke samping dan kedepan.

• Jenis surf casting, tongkat pancing ini memang lebih cocok digunakan untuk medan pancing yang berada di ketinggian ataupun pinggir pantai. Untuk menggunakan tongkat pancing ini dibutuhkan rel yang lebih besar, karena nantinya akan menampung benang pancing yang memang lebih panjang.

• Jenis popping, jenis tongkat ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang gemar memancing dengan menggunakan umpan buatan berbahan kayu ataupun fibber yang biasa disebut dengan popping.

Selain tongkat pancing tersebut, masih terdapat jenis tongkat pancing lainnya, yang memang untuk penggunaannya diperlukan keahlian ataupun teknik dasar dalam memancing ikan. Bagi Anda yang tergolong sebagai seorang pemula dalam memancing, akan lebih baik jika Anda mempelajari terlebih dahulu teknik dasar dalam memancing, sebelum memutuskan untuk membeli tongkat pancing yang Anda inginkan.

Dengan mempelajari teknik dasar dalam memancing, maka secara otomatis kita akan mengerti jenis tongkat pancing yang kita butuhkan untuk memulai hobi kita tersebut. Setelah mengerti teknik dasar tersebut, maka barulah Anda dapat membeli berbagai peralatan dan perlengkapan untuk memancing bagi pemula termasuk tongkat pancing, rel, benang pancing dan lain sebagainya.

Untuk memberikan nilai keamanan yang lebih pada saat melakukan hobi Anda, ada baiknya selain memilih joran yang tepat, Anda juga menggunakan berbagai perlengkapan keamanan untuk memancing, agar nantinya kegiatan memancing ini tidak membahayakan bagi diri Anda. Memancing lah bersama dengan kelompok, agar Anda dapat belajar dengan lebih paham mengenai teknik-teknik dalam pemancingan. Selain itu memancing bersama kelompok, akan memberikan rasa pengamanan yang lebih bagi Anda yang tergolong sebagai pemula.

0 comments:

Posting Komentar