Tips Memilih Susu Formula Terbaik

Bagi para ibu yang baru melahirkan, memberi ASI eksklusif pasti selalu menjadi tujuan utama. ASI eksklusif penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi agar optimal dan memperkuat kekebalan tubuhnya sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Namun, ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan ibu untuk memberikan ASI eksklusif seperti misalnya sakit, ASI tidak keluar dan lain-lain. Hal ini membuat ibu harus menyiapkan susu formula sebagai pengganti ASI untuk si buah hati yang baru lahir.

Tenang saja, bunda. Memberikan susu formula pada si kecil bukanlah akhir dunia kok. Meskipun kandungan susu formula tidak sebaik ASI, kita harus memilih yang terbaik untuk si kecil. Apa saja tips memilih susu formula terbaik untuk bayi? Kita cek yuk di bawah ini:

1. Cek apakah si kecil alergi terhadap jenis susu tertentu atau tidak
Beberapa bayi memiliki alergi terhadap susu sapi atau sensitive terhadap lactose (gula dalam susu). Maka pilihlah susu soya untuk bayi alergi susu sapi atau pilih varian susu formula sapi lain yang rendah lactose. Anda harus tenang, alergi pada bayi banyak diderita oleh bayi-bayi lainnya. Karena itu ada beberapa alternatif susu formula lain yang baik untuk bayi Anda.

Anda juga harus mengenal tanda-tanda bayi alergi, antara lain bayi melepehkan susu formula atau muntah, perut kembung dan gelisah sesudah minum susu, sesak nafas yang bukan disebabkan oleh flu atau sinusitis, kulit gatal dan memerah, perubahan dalam BAB (seringkali reaksi alergi pada bayi tidak langsung terjadi), berat badan naik/turun secara drastis.

2. Perhatikan kandungannya
Berbagai susu formula menawarkan kandungan yang hampir mirip, namun ada juga yang menawarkan dengan kandungan vitamin dan mineral lebih banyak. Biasanya yang terbanyak menawarkan sekitar 18 vitamin dan 12 mineral, disertai dengan Prebiotik, AA, DHA, dan lain-lain. Jika bisa, pilih yang mengandung gula lebih sedikit, karena dikhawatirkan bayi bisa menderita obesitas.

3. Jika ragu, tanyakan ke dokter
Jika Anda mencurigai bayi Anda alergi dengan salah satu jenis susu formula, jangan segan untuk bertanya kepada dokter anak. Bawa bayi Anda untuk diperiksa dan bahas kecurigaan Anda dengan dokter, dan bahas juga kemungkinan alternatif lainnya.

Dokter anak Anda akan memberikan nasihat terbaik mengenai susu formula mana yang terbaik untuk dicoba. Dan kadang kala berganti dari susu yang satu ke susu lainnya memerlukan trik.

Jangan menggantinya sekaligus, tetapi campurkan kedua jenis/merk susu tersebut dengan perbandingan yang berubah setiap harinya. Secara bertahap, kurangilah porsi susu yang ingin ditinggalkan, hingga akhirnya si bayi dapat menerima susu formula yang baru sepenuhnya.

4. Memilih susu formula yang tepat
Anda bisa mengecek berbagai merek susu formula terbaik dan membeli susu formula terbaik untuk bayi Anda disini. Mengingat harga susu formula yang mahal, Anda bisa mendapatkan susu formula berkualitas terbaik dengan harga yang terjangkau dengan promo cashback di Hadiah.ME dari berbagai online shop terpercaya.

0 comments:

Posting Komentar