7 Jenis Bisnis Lepas yang Cocok Dilakukan oleh Mahasiswa dengan Modal Kecil

Menjadi seorang mahasiswa, kewajiban utamanya menuntut ilmu, tak jarang ada yang menjalankan usaha atau pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, jadi bisa mandiri.

Saat ini ada banyak sekali usaha yang bisa dijalankan tanpa harus memiliki modal besar. Asalkan ada kemauan untuk menjalankannya peluang bisnis dengan modal kecil pun ada. Jadi sambil menjalani tugas utama sebagai seorang mahasiswa, Anda juga dapat belajar berwirausaha selama kuliah. Untuk mendapatkan modal usaha yang kecil dan cepat juga cukup mudah, Anda cukup mencoba mengajukan pinjaman online lewat aplikasi di ponsel Anda bila Anda sudah memiliki pekerjaan sampingan.

Lalu bisnis apa yang cocok untuk dilakukan oleh seorang mahasiswa ? Simak penjelasan berikut ini.

1. Buka Jasa Sesuai dengan Keahlian yang dimiliki
Setiap orang pasti memiliki hobi dan keterampilan masing-masing, selama kuliah Anda bisa mengasah keterampilan tersebut untuk menghasilkan penghasilan misalnya jika Anda pandai mengetik dengan cepat Anda bisa membuka jasa pengetikan bagi mahasiswa lain, jika Anda memiliki keterampilan dibidang desain grafis maka Anda bisa membuka jasa design untuk membuat kartu nama, undangan, baju, dan lain-lain.

Modal untuk bisnis sesuai dengan keterampilan ini juga tidak terlalu besar, dimana Anda dapat memanfaatkan laptop yang Anda miliki, dengan bermodal internet untuk mengirim hasil pekerjaan yang telah Anda kerjakan melalui e-mail. Anda bisa menetapkan tarif sesuai dengan keinginan Anda, tentunya ini bisa menjadi penghasilan tambahan yang bisa Anda gunakan untuk makan atau memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun menentukan tarif harus wajar ya, jangan seenak Anda, karena klien pastinya akan membandingkan harga yang Anda buka dengan orang lain ang juga memberikan jasa serupa.

Anda bisa mencari tahu apa keahlian pada diri Anda dan bisa dikembangkan. Setelah lulus wisuda, keahlian tersebut bisa Anda kembangkan lagi untuk lebih fokus sehingga Anda bisa memiliki jasa sesuai dengan keahlian Anda yang dikelola secara profesional. Banyak orang yang sukses dilator belakangi dari hobi dan keterampilan yang mereka miliki dan kemudian mereka asah saat kuliah.

2. Membuka Kedai Mini atau Masakan di Malam Hari
Sebagai seorang mahasiswa tentunya Anda tahu kebiasaan seorang mahasiswa, terutama dalam urusan makanan. Banyak mahasiswa yang malas untuk masak sendiri, terlebih saat malam ketika tugas menumpuk ketika perut terasa lapar mereka akan keluar untuk mencari makan. Biasanya yang diminati adalah nasi goreng, karena rasanya relatif enak dan harga nya terjangkau di kantong mahasiswa.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini, modal nya juga tidak terlalu besar. Hanya butuh gerobak dan perlengkapan masak saja. Jika Anda tinggal di kos atau kontrakan yang tidak terlalu ramai, Anda juga bisa menggunakan dapur kos atau kontrakan Anda lalu menjual dagangan Anda melalui BBM atau media sosial lainnya. Jika ada pesanan, baru Anda masak, dan pembeli datang untuk mengambil pesanannya.

3. Bisnis Dropship Barang
Bukan hal yang asing lagi, kalua bisnis online menjadi salah satu bisnis yang modalnya tidak besar, terutama bagi dropship. Yang Anda perlu hanya pandai melakukan promosi bisnis. Anda cukup menawarkan barang dagangan kepada calon konsumen, dan ini bisa melalui sosial media seperti FB, BBM, atau yang lainnya.

Ketika ada konsumen yang mau membeli barang yang kamu tawarkan, Anda dapat menghubungi pihak supplier untuk mengirimkan barang yang dipesan konsumen ke alamat konsumen atas nama pengirim Anda. Disini Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari hasil penjualan barang dengan menambahkan keuntungan pada harga jual kembali.

5. Menjadi Guru Private
Jika Anda mempunyai kelebihan dibidang edukasi, Anda bisa membuka les untuk pelajar SMA atau SMP. Jika cara Anda mengajar dan materi yang disampaikan bagus maka akan banyak siswa yang ingin belajar, karena biasanya siswa cenderung akan cerita ke teman-temannya kalau mereka mengikuti les private. Mereka akan mengutarakan kepada teman-teman mereka untuk kemudian merekomendasikan les private di Anda.

6. Bisnis Kerajinan Tangan
Jika Anda merupakan seseorang yang pandai dan tekun dalam hal kerajinan tangan. Anda bisa menekuni kerajinan tangan yang sudah Anda kuasai, seperti membuat flanel, atau kerajinan tangan lainnya. Modal untuk membuat kerajinan tangan bisa Anda hitung, pastinya jika hasil produk Anda rapi dan indah nantinya akan banyak pelanggan yang memesan.

Demikian beberapa bisnis yang bisa dijalankan selama menjadi mahasiswa dengan modal kecil. Pada dasarnya ada banyak peluang usaha yang bisa dijalankan, hanya saja masalahnya terbentur pada modal. Jika Anda memiliki modal yang cukup, segala bisnis apa saja bisa Anda jalani, dan juga harus ada faktor kemauan. Jika peluang dan modal sudah ada, namun kemauan tidak ada maka semua itu akan terjadi.

Jangan lupa kewajiban utama seorang mahasiswa adalah belajar, jangan sampai pendidikan Anda menjadi terganggu karena Anda sibuk mencari penghasilan tambahan.

0 comments:

Posting Komentar