Naik Bus Sendirian? Siapa Takut

Perjalanan menggunakan bus memang menjadi pilihan terbaik yang pastinya aman dan praktis untuk menempuh perjalanan antar kota. Jika sebelumnya, kamu yang harus naik bus dengan teman atau orang tua, sekarang saatnya memberanikan diri untuk naik bus sendirian. Bisa dikatakan naik bus sendirian lebih greget, karena kamu bisa belajar bertanggung jawab dan melindungi diri kamu sendiri serta barang bawaan.

Walaupun begitu, kamu juga harus tetap memperhatikan barang bawaan yang ada di dalam bus. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari berbagai orang yang berniat jahat pada kamu. Untuk bisa memastikan perjalanan tetap aman, pilih saja armada bus yang cukup terpercaya. Untuk salah satu armada bus yang terpercaya, kamu bisa nikamti bus primajasa. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin membantu kamu saat bepergian sendiri menggunakan bus.

Lapisi ransel dengan backpack cover

Ransel menjadi pilihan terbaik untuk membawa barang saat menggunakan bus dalam perjalanan antar kota. Bahkan, menggunakan ransel dirasa lebih praktis. Walaupun begitu, keamanan dan kebersihan ransel harus tetap kamu jaga. Mungkin ransel bisa kotor saat disimpan dalam bagasi atau diletakan di bawah tempat duduk.

Untuk masalah kebersihan dan keamanan ransel yang kamu bawa bisa gunakan backpacker cover. Tidak hanya menjaga kebersihan dan keamanan saja, pelapis tas ransel yang satu ini juga berguna menjaga ransel tetap kering saat terkena air hujan. Alhasil, perjalanan kamu lebih aman, nyaman dan praktis.

Simpan barang berharga di tas terpisah

Kebanyakan anak mudah pasti memilih menggunakan satu tas untuk semua barang agar lebih praktis. Tetapi hal ini cukup beresiko. Dibandingkan harus mengambil dompet di dalam tas yang besar, kamu bisa menggunakan tas kecil untuk menyimpan barang – barang yang berharga. Pastinya, dompet yang disimpan pada tas terpisah akan lebih mudah dijangkau saat kamu ingin membeli sesuatu.

Tidak hanya menyimpan dompet saja, kamu juga bisa menggunakan tas kecil untuk menyimpan air minum atau camilan sehingga selama perjalanan akan lebih praktis. Sedangkan untuk tas besar yang berisi pakaian bisa kamu simpan pada bagasi bus. Dengan begitu, kamu juga akan mendapatkan ruang duduk yang terasa lebih longgar.

Jangan membawa uang tunai terlalu banyak

Membawa uang tunai selama perjalanan memang penting dilakukan untuk transaksi. Hanya saja, sebaiknya kamu tidak membawa uang terlalu banyak selama perjalanan bus. Batasi saja, jumlah uang tunai yang ingin kamu bawa. Pasalnya, kalau terlihat oleh orang lain, bisa jadi kamu menjadi target orang yang ingin berniat jahat padamu.

Setidaknya, kamu membawa uang tunai yang cukup untuk makan sekali atau tiga kali. Selain itu, jangan lupa bahwa uang kecil untuk berjaga – jaga. Bisa jadi kamu harus bayar retribusi toilet atau tip untuk kernet bus.

Jangan mencolok saat membawa gadget

Nah, hal yang satu ini juga harus diperhatikan, terlebih bagi kamu yang suka bermain gadget di perjalanan. Tidak masalah memang menggunakan gadget selama perjalanan bus, agar tidak bosan dan garing. Namun sebaiknya jangan terpaku pada gadget kamu, sesekali awasi keadaan sekitar, terutama saat ada penumpang baru masuk dan keluar.

Tidak ketinggalan untuk menyimpan gadget dalam tas setelah selesai menggunakan. Selain itu, tutup rapat tas penyimpanan kamu saat tertidur. Jika hal ini kamu lakukan, setidaknya kamu bisa meminimalisir perhatian orang lain yang mungkin memang memiliki niat jahat pada kamu.

Simpan barang – barang penting pada tempat yang mudah dijangkau

Untuk bisa menjangkau barang – barang yang ada tidak perlu lagi harus mengacak – acak tas, simpan saja pada tempat yang memang mudah dijangkau, misalnya bagian depan tas. Sedangkan barang – barang seperti, obat – obatan pribadi, headset atau power bank, bisa diletakan pada kompartemen terpisah. Jadinya tidak perlu lagi sulit mencari dan tercecer.

Nah, itu dia beberapa persiapan buat kamu yang akan naik bus sendiri. Kamu memang melakukannya, maka perjalanan kamu tetap akan aman dan nyaman. Walaupun kamu pergi sendirian, kamu tidak akan menarik perhatian orang yang berniat jahat karena barang  barang tersusun dengan rapi dan aman.

0 comments:

Posting Komentar