5 Kebiasaan Penyelamat Lingkungan Yang Jarang Disadari Generasi Millenial

Sebagian besar dari kita tentu tidak menyadari apabila terdapat sejumlah kebiasaan penyelamat lingkungan walaupun itu adalah kebiasaan yang sederhana. Perlu anda ketahui apabila usia bumi sudah tua, untuk itulah kita sebagai manusia harus senantiasa ikut serta untuk menjaga bumi agar tetap menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Walaupun sudah ada banyak kampanye mengenai menjaga kesehatan oleh banyak kalangan, tetapi hal ini tidak lantas membuat semua orang bisa sadar untuk menjaga lingkugan tersebut. Perlu anda ketahui jika anda tidak segera mengubah kebiasaan tersebut, bumi pun bisa rusak sehingga bisa berdampak pada kehidupan manusia.

Kebiasaan yang bisa jadi penyelamat lingkungan 

Sebenarnya untuk menjaga lingkungan tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan demi menjaga kelestariannya. Bahkan anda bisa mulai melakukan cara sederhana untuk memulai kebiasaan tersebut. Walaupun cara tersebut sederhana tetapi jika dilakukan secara berkelanjutan maka akan memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan.

Penasaran bukan apa saja kebiasaan penyelamat lingkungan yang bisa anda lakukan dan terapkan dalam hidup anda?

1. Jangan lupa untuk menggunakan tas belanja yang bisa digunakan lagi 

Kebiasaan pertama yang bisa menyelamatkan bumi kita tercinta dari kerusakan adalah dengan membawa tas belanja yang bisa digunakan kembali. Terlebih lagi jika tas belanja tersebut terbuat dari plastic. Dengan cara inilah maka anda bisa mengurangi sampah plastic yang ada di masyarakat.

2. Cobalah menggunakan transportasi umum 

Di Indonesia, penggunaan endaraan pribadi memang semakin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal inilah yang membuat polusi udara semakin memburuk terutama di daerah perkotaan. Polusi tersebut diakibatkan dari emisi gas yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut.

Jika polusi udara tersebut semakin meningkat maka kualitas oksigen juga akan semakin buruk bukan? Nah, solusi terbaik untuk mengurangi polusi udara yang bisa merusak lingkungan adalah dengan mngunakan transportasi umum.

3. Membawa botol minuman sendiri 

Adalagi kebiasaan penyelamat lingkungan yang bisa anda terapkan adalah dengan membawa botol minum sendiri. Dengan membawa botol minum sendiri inilah maka anda tidak akan membeli minuman di luar, terlebih lagi minuman botol. Ini juga bisa mengurangi sampah masyarakat.

4. Limbah makanan untuk kompos 

Tak bisa dipungkiri apabila limbah rumah tangga juga menjadi salah satu penyebab adanya kerusakan pada lingkungan. Nah, cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan mengolah limbah makanan yang berasal dari rumah tangga untuk menjadi kompos. Tetapi  anda perlu memilah manakah limbah yang bisa digunakan untuk membuat kompos.

5. Melakukan daur ulang

Apabila anda memiliki sampah kaca, plastic maupun kertas, sebaiknya anda bisa langsung mendaur ulang sampah-sampah tersebut. Anda bisa mendaur ulang menjadi hiasan ataupun barang-barangyang lebih berguna.

Menjaga lingkungan memang menjadi kewajiban bagi semua umat manusia. Demikian beberapa kebiasaan penyelamat lingkungan yang jarang disadari oleh masyarakat. Dengan lingkungan itulah maka lingkungan akan lebih terjaga dengan baik.

0 comments:

Posting Komentar