Harga Emas Hari Ini, Melonjak Naik Hingga US$1730

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila emas menjadi salah satu logam mulia yang paling banyak dijadikan sebagai investasi maupun digunakan untuk sehari-hari. Hal ini bukan tanpa alasan karena emas sendiri menjadi salah satu investasi yang dianggap aman dan terhindar dari berbagai macam risiko. Lantas berapakah harga emas hari ini?

Harga emas memang cenderung mengalami perubahan yang cukup cepat baik untuk mengalami penurunan maupun kenaikan. Untuk anda yang penasaran dengan harga emas hari ini, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Harga emas hari ini

Harga emas hari ini ternyata sudah menembus pada level US$1730 dalam pasar perdagangan pada hari ini. Dimana ditutup naik 0,19% menjadi US$ 1730 per trou ounce. Bukan hanya itu saja, indeks dollar AS yang digunakan untuk mengukur 8 mata uang juga berhasil menguat tipis di angka 100,29. Tidak hanya itu saja, perubahan harga emas itu sendiri ternyata juga disebabkan karena adanya sentimental dari departemen tenaga kerja AS.

Pihak departemen Tenaga Kerja AS tersebut merilis jumlah angka terkini dimana klaim tunjangan pengangguran yang mencapai 2,98 juta. Tingginya jumlah pengangguran di Amerika Serikat tersebut ternyata diakibatkan karena adanya pelemahan pada ekonomi Negara Paman Sam tersebut.

Hal ini pun ternyata juga adanya imbas dari pandemic corona yang membuat sector ritel Amerika memutuskan untuk mem-PHK para karyawannya. Resensi ekonomi itu sendiri ternyata diperkirakan akan berlangsung dalam waktu yang lama. Hal ini bukan tanpa alasan karena untuk memperbaiki kondisi ekonomi yang lemah akibat pandemic corona ternyata membutuhkan waktu yang tidak cepat.

Adanya rasa khawatir dengan adanya resesi ekonomi inilah yang juga memicu munculnya kenaikan harga emas yang ada di dunia. Menurut Ricky Ferlianto

Penyebab harga emas naik turun

Setelah mengetahui harga emas hari ini, anda juga wajib untuk mengetahui apa sajakah yang memicu naik-turunnya harga emas tersebut. berikut ini beberapa penyebab naik-turunnya harga emas tersebut.

1. Adanya ketidakpastian kondisi global

Faktor pertama yang menyebabkan kondisi harga emas mengalami kenaikan dan penurunan adalah adanya ketidakpastian kondisi global. Berbagai macam situasi seperti politik, ekonomi, krisis, perang memang memicu naik-turunnya harga emas tersebut. pada tahun ini, pandemic Corona diduga sebagai pandemic yang menyebabkan harga emas mengalami kenaikan yang cukup derastis.

2. Adanya kebijakan moneter

Faktor lainnya yang menyebabkan perubahan harga emas adanya kebijakan moneter. Perlu anda ketahui apabila harga emas sendiri memang akan sangat tergantung dengan kebijakan moneter dimana diambil bank sentral Amerika Serikat ataupun secara informal. Kebijakan moneter yang mengakibatkan perubahan harga emas tersebut adalah kebijakan menaikkan dan menurunkan suku bunga.

3. Adanya inflasi 

Inflasi juga menjadi faktor lainnya yang menyebabkan perubahan harga emas tersebut. semakin meningkatnya dan tingginya jumlah inflasi maka bisa mengakibatkan harga emas juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Untuk itulah, tidak sedikit dari masyarakat yang lebih memilih untuk melakukan investasi emas.

4. Nilai tukar dolar Amerika Serikat

Faktor terakhir yang menyebabkan harga emas mengalami kenaikan. Mengingat harga emas di dalam negeri sendiri memang akan sangat tergantung dengan harga emas internasional dimana dikonversi dari mata uang dollar AS ke mata uang rupiah. Untuk itulah, nilai tukar dollar memang akan memberikan banyak pengaruh.

Demikian harga emas hari ini yang wajib anda ketahui. Tingginya harga emas yang terjadi pada beberapa hari ini memang disebabkan karena adanya pandemic corona yang tengah dihadapi oleh berbagai Negara.

0 comments:

Posting Komentar