Mengurangi Resiko Kerusakan Mata dengan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu panca indera yang sangat penting. Dengan mata, kamu bisa melihat benda-benda disekelilingmu dengan jelas, dan tentunya ini akan memudahkan kamu dalam beraktivitas. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangat penting untuk dilakukan. Agar kamu dapat beraktivitas dengan normal dan nyaman tanpa bantuan kacamata.

Selain mengonsumsi wortel yang kaya Akan vitamin A untuk kesehatan mata, menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Percaya atau tidak, mungkin beberapa hal tersebut adalah hal yang sering kamu lakukan bahkan saat bersantai.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu hindari untuk menjaga kesehatan mata

1. Jangan membaca sambil tidur

Ada yang suka membaca buku/komik ataupun novel sambil rebahan? Kebiasaan membaca sambil tiduran baik telentang maupun tengkurap tidak baik untuk kesehatan mata. Membaca sambil tiduran menuntut kamu untuk membaca dari jarak yang sangat dekat. Inilah yang membuat mata menjadi rusak.

Apalagi  jika kamu membaca, menonton, atau bermain game dari ponsel/  smartphone. Kerusakan mata bisa disebabkan cahaya dari layar smartphone yang dilihat dari jarak dekat dengan waktu yang cukup lama misalnya membaca artikel, bermain game bahkan menonton video sambil tiduran. Oleh karena itu, kamu harus mulai mengurangi kebiasaan ini.

2. Hindari membaca di tempat gelap

Selain membaca/ menggunakan gadget sambil tiduran, membaca di tempat yang gelap juga dapat mengganggu kesehatan mata. Mata memiliki kemampuan untuk menyesuaikan pada cahaya terang maupun gelap. Tapi,  cahaya redup membuat mata harus bekerja ekstra agar bisa melihat dengan jelas. Inilah yang membuat mata menjadi cepat lelah.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu hindari agar kesehatan mata kamu terjaga. Hindari memaksa mata bekerja terlalu keras, seperti terlalu lama bermain gadget atau terlalu fokus membaca hingga mata kering,, gatal, bahkan memerah. Sama seperti badan, mata pun bisa kelelahan. Nah, agar mata kamu tetap sehat,  beri waktu untuk mata kamu beristirahat

0 comments:

Posting Komentar