Mengenal Lebih Jauh tentang Daihatsu Xenia, Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Jika berbicara mengenai MPV yang paling populer di masyarakat Indonesia, pasti tidak akan jauh dari mobil ini. Tidak lain tidak bukan adalah Daihatsu Xenia. Mobil ini adalah mobil idaman yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Selain harga tersebut, tentu masih ada beberapa kelebihan dari Daihatsu Xenia yang jarang ditemui pada MPV lainnya. 


Kelebihan Daihatsu Xenia



1. Hemat bahan bakar

Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa hemat adalah salah satu yang dicari oleh para pemilik mobil. Hal tersebut benar-benar diperhatikan oleh Daihatsu Xenia, yakni penggunaan bahan bakar yang lebih hemat. Fitur ini adalah peran dari mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-I dan EJ-VE DOHC VVT-I yang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi EFI. Itulah yang membuat mobil ini efisien dalam konsumsi bahan bakar.


2. Ruang kabin yang lega

Selain hemat bahan bakar, Daihatsu Xenia juga memiliki keunggulan dalam ukuran ruang kabin yang cukup lega. Dengan dimensi 4190 x 1660 x 1685, sudah tidak diragukan lagi bahwa MPV ini mempunyai ruang yang nyaman dan luas. Dengan begitu, penumpang tidak akan merasakan sesak ketika melakukan perjalanan dan mempunyai ruang gerak yang bebas.


3. Tempat service mudah dicari

Salah satu alasan yang membuat MPV ini banyak dibeli oleh konsumen di Indonesia adalah luasnya jaringan bengkel servis yang resmi. Setidaknya terdapat hingga 235 jaringan dealer penjualan yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Dengan demikian, ketika terjadi masalah, pemilik mobil tidak akan pusing-pusing mencari bengkel tempat servis resmi.


Jika pahit-pahitnya Anda tidak menemukan bengkel resmi, sebagian besar bengkel umum juga bisa melakukan perawatan dan perbaikan mobil ini. Hal tersebut karena suku cadang mobil ini tidak sulit untuk dicari. Sepertinya inilah yang membuat Daihatsu Xenia satu langkah lebih unggul dari para kompetitornya.


4. Harga yang terjangkau

Seperti disebutkan di awal, harga Daihatsu Xenia tidak dipatok dengan harga yang mahal. Tak heran jika jumlah pembelian MPV ini cukup banyak dan diminati oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Pesaing di segmen yang sama mungkin akan memasang harga yang lebih tinggi dari Daihatsu Xenia sehingga pilihan untuk membeli akan jatuh pada MPV ini.


Kekurangan Daihatsu Xenia


1. Harga second turun drastis

Memang harga dari Daihatsu Xenia terbilang cukup murah untuk mobil sekelasnya. Akan tetapi, Anda harus berpikir dua kali apakah di kemudian hari Anda akan menjual mobil ini. Hal ini dikarenakan harga Daihatsu Xenia bekas bisa mengalami penurunan yang cukup signifikan. Namun, seperti pisau bermata dua, kondisi ini bisa menguntungkan Anda jika membeli mobil bekas, tetapi juga merugikan jika Anda ingin menjualnya.


2. Ruang kabin yang kurang senyap

Di bagian sebelumnya telah disebutkan bahwa salah satu kelebihan dari Daihatsu Xenia adalah memiliki ruang kabin yang cukup lega. Akan tetapi, di sektor interior ini ternyata masih dinilai berisik atau kurang senyap. Inilah yang paling sering dikeluhkan oleh para konsumennya. Jadi, sebelum memutuskan untuk membelinya, pertimbangkan terlebih dahulu apakah Anda bisa menerima keadaan ini atau tidak.


Tidak ada barang yang sempurna. Ada kelebihan pasti juga ada kekurangan. Demikian juga dengan Daihatsu Xenia ini. Yang perlu Anda jadikan bahan pertimbangan adalah apakah kekurangan tersebut akan cukup berdampak untuk Anda. Jika tidak, sepertinya kelebihan-kelebihan di atas sudah lebih dari cukup untuk sebuah MPV dengan fasilitas yang cukup baik.

0 comments:

Posting Komentar