Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu, Ini Manfaat dan Cara Menjaga Kesehatan Mental

Selain fisik, kesehatan mental juga wajib dijaga oleh setiap orang. Memiliki kesehatan mental buruk bisa menyebabkan berbagai masalah seperti cemas, takut, khawatir, sedih, dan lain-lain. Salah satu cara terbaik untuk menjaga mental health ini adalah dengan konsultasi atau membaca artikel seputar hal ini. Namun, jangan khawatir karena saat ini sudah ada aplikasi konseling psikologi yang bisa digunakan kapan saja.


Aplikasi ini bernama Riliv. Beberapa fitur dari aplikasi ini antara lain layanan konseling psikologi online, meditasi online, serta artikel seputar psikologi. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, pengguna akan terbantu dalam mendapatkan kesehatan psikis yang lebih baik. Namun, sebenarnya seberapa penting mental health ini? Simak pembahasannya. 


Pengertian Mental Health

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, sebaiknya semua harus memahami terlebih dahulu tentang apa itu mental health. Pada dasarnya, istilah ini digunakan untuk mengetahui bagaimana kesejahteraan psikis, sosial, serta fisik seseorang secara lengkap. Hal tersebut akan turut berpengaruh pada cara berpikir, berperilaku, dan mengambil keputusan.


Manfaat Menjaga Mental Health

Wajib Tahu, Ini Manfaat dan Cara Menjaga Kesehatan Mental


1. Membantu mengatasi masalah sehari-hari

Seseorang yang memiliki mental sehat akan lebih tenang dalam mengatasi berbagai hal yang terjadi sehari-hari. Terlalu banyak kegiatan bisa menyebabkan orang rawan terkena stres dan tentu akan berpengaruh pada kondisi mental. Bukan hanya pekerjaan, bertemu dengan berbagai macam karakter orang saja bisa menguras energi apabila benar-benar tidak mampu mengendalikannya.


2. Selalu berpikir positif

Semua hal pasti memiliki nilai positif dan negatif. Semua tergantung dari mana sesuatu tersebut dilihat oleh seseorang. Mempunyai mental sehat akan membantu seseorang untuk terus bisa berpikir positif serta mengambil hikmah atas semua yang terjadi. Pikiran positif tentu berdampak pada kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik.


3. Mendapatkan kondisi fisik lebih baik

Meskipun berbeda, nyatanya kesehatan fisik dan psikis masih saling berhubungan satu sama lain. Kondisi fisik yang tidak baik akan mempengaruhi kondisi mental. Begitu juga sebaliknya. Selalu menjaga mental tetap sehat sangat membantu untuk mendapatkan kondisi fisik lebih baik. Bahkan, cara ini bisa meningkatkan sistem imun sehingga dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit.


4. Meningkatkan konsentrasi

Terakhir, menjaga kesehatan mental akan membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Jika Anda adalah seorang yang bekerja di industri kreatif maupun kegiatan lain yang sangat membutuhkan konsentrasi, maka mental harus benar-benar dijaga. Jika tidak, maka bersiap-siaplah terganggu dengan segala jenis pikiran dan perasaan.


Cara Menjaga Mental Tetap Sehat


1. Perbanyak bersyukur

Saat ini banyak orang terlalu sibuk mengeluh hingga lupa untuk bersyukur. Padahal, syukur adalah kunci mendapatkan mental sehat setiap hari. Mulailah mensyukuri hal-hal kecil seperti bisa bernapas normal, mampu melihat, diberi kesempatan makan cukup, dan lain-lain. Jika perlu, tulis hal tersebut di secarik kertas untuk dibaca setiap hari.


Selain cara di atas, bersyukur bisa dilakukan dengan lebih banyak melihat orang-orang yang kurang beruntung. Tidak sedikit orang tidak bisa makan enak setiap hari, tidur di emperan toko, atau memiliki keterbatasan fisik. Membiasakan diri melihat fenomena tersebut akan memudahkan untuk meningkatkan rasa syukur atas kondisi saat ini.


2. Olahraga

Olahraga tidak hanya berdampak pada kondisi fisik saja, melainkan juga psikis. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin di mana fungsinya adalah menghilangkan stres dan memperbaiki suasana hati. Sisihkan minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Tak perlu berat-berat, sekadar jalan kaki atau jogging sudah lebih dari cukup.


3. Terbuka dengan orang lain

Setiap orang memiliki karakter berbeda-beda. Akan tetapi, ini bukan alasan untuk selalu tertutup dengan orang lain. Cobalah terbuka kepada orang lain karena hal ini bisa membuat pikiran menjadi lebih terbuka. Selain itu, cara ini juga berguna untuk menjalin hubungan yang baik pada sesama. Siapa tahu suatu saat Anda membutuhkan pertolongan mereka atau sebaliknya. 


4. Istirahat yang cukup

Penelitian membuktikan bahwa orang yang sering begadang memiliki mental health lebih baik daripada orang dengan tidur cukup. Tubuh beraktivitas seharian penuh. Oleh karena itu, tubuh juga perlu beristirahat. Jangan pernah gunakan jam tidur untuk keperluan apapun selain memang dalam kondisi darurat seperti kerja lembur atau sebagainya.


5. Gunakan alat pendukung

Seperti telah disebutkan di awal, saat ini sudah ada aplikasi pendukung kesehatan mental bernama Riliv. Anda bisa melakukan konsultasi online atau mencari informasi terkait dunia psikologi. Rutinlah melakukan ini untuk memastikan mental selalu dalam kondisi baik.


Jadi, sebisa mungkin gunakan Riliv mulai saat ini juga. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store. Alat ini akan sangat membantu mendapatkan kesehatan mental tetap terjaga sehingga lebih bahagia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jika hal tersebut sudah terpenuhi, mencapai cita-cita akan menjadi mudah.

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu, Ini Manfaat dan Cara Menjaga Kesehatan Mental"