Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Pernah Senyum, Inilah Tugas Malaikat Malik

Pintu neraka dijaga oleh salah satu malaikat Allah yang bernama malaikat Malik. Malaikat Malik sendiri merupakan pemimpin dari para malaikat yang bertugas untuk menyiksa orang kafir yang ada di neraka. 

Jadi, para malaikat Allah ini tidak hanya malaikat Malik saja, melainkan masih ada 9 malaikat lagi yang wajib diimani oleh kaum muslimdi seluruh dunia. 

Menurut sebagaian ulama, malaikat Malik ini merupakan salah satu malaikat yang dikecualikan oleh Allah tidak akan mati pada saat seluruh makhluk mati. Ketika malaikat Israfil meniupkan sangkakalanya, maka seluruh makhluk pun akan mati karena ketakutan. Termasuk dengan semua yang ada di langit maupun bumi, kecuali makhluk yang dikehendaki oleh Allah untuk tetap hidup. 

Allah menetapkan keberadaan dari malaikat Malik ini di Al- Qur’an dengan menceritakan keadaaan orang kafir yang ada di neraka. Allah sendiri telah berfirman dalam surat Az- Zukhruf ayat 77 yang berbunyi, “dan mereka berseru, wahai malaikat Malik! Biarkanlah Tuhanmu mematikan kami saja.” Dan malaikat Malik pun menjawab pertanyaan tersebut, “dan sungguh, kamu akan tetap tinggal di dalam neraka ini.”



Tugas Malaikat Malik sendiri dibantu oleh malaikat lainnya untuk menyiksa orang kafir dan para pemimpin dari malaikat pembantu itu pun disebut dengan Zabaniah. Namun, ada berbagai pendapat terkait jumlah dari malaikat Zabaniah ini sendiri. 

Di dalam Al- Qur’an ada sebuah penjelasan terkait dengan malaikat Zaabaniah yang berjumlah 19. Dalam firman Allah dalam surat Al- Muddassir ayat 26 hingga ayat 30, “kelak, Aku akan memasukkannya ke dalam neraka Saqar, dan tahukah kamu apa neraka Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan, yang akan menghanguskan kulit manusia. Diatasnya akan ada sembilan belas malaikat penjaga.”

Pakar hadist, Al- Baihaqi sendiri mengatakan bahwa dalam sebuah hadist marfu’, Rasullah pernah bercerita akan sebuah perjalanan Mirajnya. Rasululalh pun mengatakan, bahwa “para malaikat itu yang ada disana menyambut kedatanganku ketika aku memasuki ke langit yang pertama. Tidak ada satu pun malaikat yang menyambutku kecuali dalam keadaan tersenyum dan wajahnya yang berseri-seri. 

Mereka mengatakan perkataan yang baik, dan mendoakan baik untukku. Akan tetapi, ada satu malaikat, dia tidak pernah tersenyum dan aku pun sama sekali tidak melihat wajah serinya, sebagaimana wajah malaikat lain sebelumnya.

Aku pun bertanya kepada malaikat Jibril, “wahai malaikat Jibril, aku ingin tahu iapakah malaikat yang mengatakan hal baik itu, dan mendoakan aku, namun tidak pernah tersenyum kepadaku, bahkan aku tidak melihat wajahnya berseri.”

Malaikat Jibril pun menjawab, “wahai Muhammad, seandainya malaikat yang engkau temui itu tidak tersenyum, namun seandainya dia tersenyum kepada orang sebelum kamu, atau dia tersenyum kepada orang setelah kamu, pasti dia akan tersenyum kepadamu. Akan tetapi, memang Allah menciptakan malaikat tersebut tidak pernah tersenyum. Dia adalah malaikat Malik, sang penjaga pintu neraka.”

Jadi, inilah tugas malaikat Malik yang perlu Anda ketahui. Memang dibenarkan bahwa malaikat Malik merupakan sosok yang besar dengan perawakan menakutkan. Bahkan, malaikat Malik pun tidak pernah tersenyum kepada siapa saja, bahkan kepada Nabi Muhammad SAW sekalipun. 

Malaikat Malik juga tidak memiliki rasa kasihan, sehingga malaikat Malik akan menyiksa para ahli neraka yang memang sudah banyak berbuat dosa di dunia. Bahkan, Allah membuat malaikat Malik berbeda dengan malaikat lainnya, dimana malaikat Malik tidak bisa mati tanpa keinginan-Nya.

Posting Komentar untuk "Tak Pernah Senyum, Inilah Tugas Malaikat Malik"