5 Keunggulan HDPE Dibandingkan Pipa Besi

Apakah Anda pernah melihat pipa berwarna hitam serta bergaris biru? Itulah pipa yang bernama pipa HDPE. Pipa jenis ini memang menjadi rekomendasi, apalagi jika belinya di Vinilon Group, karena memiliki banyak keunggulan daripada pipa besi biasa.

Salah satu yang menjadikannya sebagai rekomendasi pilihan adalah karena HDPE dari Vinilon Group mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi. Selain itu, pemasangan HDPE juga sangat dipertimbangkan apalagi jika Anda berada di daerah dengan kontur sulit. Keunggulan HDPE lainnya akan dibahas di bawah ini.

istockphoto

Inilah Keunggulan HDPE daripada Pipa Besi

HDPE merupakan salah satu jenis pipa yang bisa Anda temukan di pasaran. Pipa ini sudah mengantongi sertifikat sesuai Permenkes 492 yaitu tentang standar kualitas air minum. Jadi, sangat aman jika Anda menggunakannya sebagai pipa untuk air minum.

Pipa tersebut juga terkenal ketahanannya terhadap gempa dan sangat cocok untuk pemasangan di daerah pegunungan terjal. Kemudian, beberapa keunggulan lainnya yaitu:

1. Tingkat Ketahanan yang Tinggi

Tingkat ketahanan serta kekuatan dari HDPE sangat tinggi. Inilah yang menjadikan pipa tersebut mampu bertahan terhadap berbagai kondisi lingkungan dan cuaca. Selain itu, material yang dipakai yaitu thermoplastic. Ini merupakan material yang memiliki suhu kerja optimum 20 derajat celcius serta maksimum 40 derajat celcius.

Bahan pipa ini juga termasuk PE-100 alias high density polyethylene. Bahannya terkenal mempunyai tingkat kerapatan molekul yang sangat tinggi. Itu artinya, pipa ini tidak mudah rusak sehingga sangat tepat untuk penggunaan jangka panjang.

2. Fleksibel

Keunggulan HDPE yang kedua yaitu memiliki fleksibilitas yang bagus. Anda dapat membandingkan tingkat kelenturannya dengan pipa besi maupun jenis pipa lainnya. Karena fleksibel, pipa HDPE proses pemasangannya terbilang mudah. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk efisiensi waktu dan tenaga.

3. Ringan

Tentu saja jika Anda membandingkan HDPE dengan pipa logam, maka beratnya jauh lebih ringan. Keunggulan yang ketiga ini juga mempermudah proses instalasi pipa tersebut.

4. Tahan Karat

Keunggulan berikutnya, pipa HDPE termasuk pipa anti karat. Berbeda dengan pipa besi yang cenderung lebih mudah karatan sehingga berpengaruh terhadap kualitasnya. Pemakaian pipa HDPE bahkan mampu bertahan sampai lebih dari setengah abad.

5. Model Sambungan Variatif

Pipa HDPE dapat Anda sambungkan sesuai kebutuhan, misalnya dengan teknik mechanical joint jika Anda memakai HDPE roll. Bisa juga dengan teknik Butt Fusion yang biasanya menggunakan welding machine serta electrofusion joint untuk menghasilkan panas sehingga kedua sisi pipa dapat disambungkan.

Sudah Paham Keunggulan HDPE?

Itulah beberapa kelebihan pipa HDPE. Saat ini pemasangan HDPE di Indonesia juga semakin banyak. Kualitas material dan kemudahan pemasangan menjadi faktor utama. Jika kamu ingin memperoleh HDPE berkualitas baik produk dan pemasangannya, silakan menghubungi Vinilon Group.

Vinilon Group merupakan produsen pipa HDPE serta uPVC berkualitas. Kualitas produknya tidak perlu diragukan karena sudah terkenal di seluruh Indonesia. Para tim Vinilon Group pun akan hadir dengan memberikan yang terbaik untuk Anda.

5 Keunggulan HDPE Dibandingkan Pipa Besi 5 Keunggulan HDPE Dibandingkan Pipa Besi Reviewed by Febriyan Cahya Yudha on 1/30/2023 07:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar