Teknik Meletakkan Perabot Dapur

Teknik Meletakkan Perabot Dapur - Agar dapur anda terlihat rapi dan indah tentu harus ditata sedemikian rupa. Tidak bisa sembarangan menaruh barang karena bisa membuat dapur terasa penuh dan sesak. Anda perlu menyediakan almari, rak piring, dan gantungan panci untuk meletakkan perabot dapur dengan rapi. Nah, untuk lebih detailnya ikuti langkah berikut ini.

Tata Ruang
Pertama rencanakan tata ruang dapur anda. Kalau dapurnya besar tidak masalah dengan teknik penataan apapun, tapi kalau sempit tentu harus pandai memanfaatkannya. Untuk dapur minimalis yang tidak begitu luas bisa memanfaatkan sudut ruangan untuk menaruh wastafel. Nah, bagian atas kran wastafel ditaruh rak piring agar air yang masih menetes langsung dibuang dari saluran wastafe. Hal ini juga dapat menghemat ruangan.

Pada dapur yang sempit sebaiknya diberi almari gantung sehingga tidak banyak memakan tempat di lantai. Sesuaikan saja jumlahnya dengan peralatan dapur yang anda miliki. Bagian bawah meja dapur juga hendaknya dimanfaatkan untuk almari barang.

Gantungan
Taruh gantungan panci di atas kompor untuk menghemat ruangan. Agar mudah dibersihkan, dinding gantungan tersebut sebaiknya terbuat dari keramik. Mungkin perabotan yang diletakkan di atas kompor mudah terkena minyak saat memasak. Untuk menghindarinya, taruh gantungan agak tinggi dan sering dicuci dengan sabun sunlight. Barang yang digantung tidak boleh berukuran besar. Contoh barangnya adalah teflon, sendok sayur, panci kecil, panci bergagang, dan sebagainya. Sedang panci untuk mengukus ditaruh di almari saja.

Almari
Almari dapur bisa dipakai untuk meletakkan perabot dapur yang jarang dipakai, misalnya oven, piring, gelas, dan alat masak yang besar. Peralatan di dalam almari ini mungkin jarang dikeluarkan, jadi cuci bersih dan keringkan dulu sebelum disimpan agar tidak mudah berjamur. Untuk almati bagian atas (gantung) dipakai bahan makanan dan almari bawah untuk peralatan.

Meja Dapur
Usahakan tidak ada barang di meja dapur setelah selesai memasak agar pemandangannya tetap nyaman. Kalaupun ada, jangan terlalu banyak. Misalnya bumbu dapur, gula, dan garam yang biasa digunakan. Bersihkan meja dan alat dapur dengan sunlight setelah selesai memasak.

0 comments:

Posting Komentar